logo rilis
BPS: Siapkan Antisipasi Lonjakan Harga di Ramadan dari Sekarang
Kontributor
Intan Nirmala Sari
20 Maret 2018, 20:15 WIB
BPS: Siapkan Antisipasi Lonjakan Harga di Ramadan dari Sekarang
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto. FOTO: RILIS.ID/Nailin In Saroh

RILIS.ID, Jakarta— Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, kenaikan sejumlah harga komoditas pangan mendekati momen-momen besar, seperti puasa dan Lebaran, merupakan hal yang biasa terjadi. Meskipun begitu, persiapan untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, perlu dilakukan dari sekarang. Ia juga berharap, pemerintah dapat mengulangi keberhasilan menjaga stabilitas harga pangan tahun ini seperti tahun lalu.

"Saya pikir sesuatu yang wajar kalau mendekati Ramadan, beberapa komoditas mengalami penaikan harga. Akan tetapi, dengan belajar dari apa yang terjadi pada 2017, kita lumayan bagus tahun lalu bahwa stabilisasi harga pangan, seperti beras dan daging ayam lumayan bagus dibandingkan 2016," ujar Suhariyanto usai penandatanganan nota kesepahaman dengan Perum Bulog di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

BPS mencatat tingkat inflasi sepanjang 2017 sebesar 3,61 persen, di bawah target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 yakni 4,3 persen. Sedangkan pada APBN 2018 sendiri, pemerintah menargetkan inflasi 3,5 persen.

Berdasarkan data BPS, inflasi tahun kalender Januari sampai Februari 2018 mencapai 0,79 persen dan inflasi tahun ke tahun (year on year/yoy) mencapai 3,18 persen. "Kita berharap, belajar dari kesuksesan 2017 dan menyiapkan dari sekarang, fluktuasi atau kenaikan harga pada Ramadan akan terjaga," ujar pria yang akrab dipanggil Kecuk itu.

Sumber: ANTARA


komentar (0)