logo rilis
BPN Prabowo-Sandi Bocorkan Tiga Masalah KPU
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
22 April 2019, 15:30 WIB
BPN Prabowo-Sandi Bocorkan Tiga Masalah KPU

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Tim IT Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Agus Maksum, mengatakan, permasalahan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah terjadi sejak sebelum penyelenggaraan Pemilu 2019.

Agus menyebut, ada tiga masalah yang terjadi sebelum penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut, salah satunya teekait sistem IT standarisasi KPU yang sangat riskan. 

"Celah pertama itu adanya sistem IT KPU yang tidak memenuhi standar. Sehingga mudah adanya orang intruder (pengacau, orang yang menyelundup) masuk, mengutak-atik data karena KPU tidak punya standar ISO," katanya di kantor Seknas Prabowo-Sandi, Menteng, Jakarta, Senin (22/4/2019). 

"Kemudian terjadi banyak perubahan data, apakah hacker atau intruder yang melaksanakan," lanjutnya. 

Kemudian permasalahan yang kedua, ujar Agus, adalah tidak adanya SOP yang berstandar ISO 9000. Sehingga, menurutnya, mualitas manajemen sistemnya tidak terstandar dengan baik. 

"Apa yang dipikirkan, apa yang ditulis, dengan apa yang dilaksanakan itu enggak sama," ujarnya. 

Agus mencontohkan, surat suara Pemilu 2019 ada yang sampai kepada orang lain yang tidak sesuai dengan tujuan. Hal itu, menurutnya, terjadi di Malaysia dan kemungkinan juga di Indonesia. 

"Dua hari sebelumnya banyak sekali surat suara yang sudah dicoblos banyak sekali. C1 tidak dibagikan, yang dibagikan cuma fotokopi, ada di Medan dan lain-lain. Itu yang ketahuan,"tuturnya. 

Adapun yang ketiga, lanjut Agus, adalah masalah ketersediaan data, salah satunya adanya 17,5 juta data invalid. Menurutnya, jumlah 17,5 juta itu adalah data hantu yang tidak diketahui keberadaan orangnya. 

"Kami sudah sampaikan, kalau KPU tidak melakukan investigasi, saya sudah turun dan melakukan investigasi karena kami menemukan ini hantu," tandasnya. 

Editor: Sukma Alam




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID