logo rilis

BPJS Belum Cair, Ratusan Tenaga Honor RSUD Cianjur Tak Dibayar
Kontributor
Elvi R
26 Maret 2018, 04:30 WIB
BPJS Belum Cair, Ratusan Tenaga Honor RSUD Cianjur Tak Dibayar
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Cianjur— Ratusan tenaga honorer di RSUD Cianjur, Jawa Barat, menuntut pihak managemen segera membayarkan honor mereka yang sejak tiga bulan terakhir tidak pernah cair dengan berbagai dalih, salah satunya klaim BPJS yang belum masuk.

Bahkan beberapa hari yang lalu, ribuan tenaga honor yang sebagian besar bertugas di bagian umum non medis itu, sempat melakukan aksi unjuk rasa menuntut haknya yang belum dibayarkan sejak awal tahun hingga saat ini.

Seorang hononer mengatakan, sejak tidak menerima honor tiga bulan terakhir, dia dan ratusan teman sekantornya terpaksa mengutang dan menjual barang berharga untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

"Jangankan untuk ongkos berangkat kerja, untuk makan di rumah sehari-hari banyaknya minjam ke orang tua," katanya.

Meskipun telah belasan tahun mengabdi sebagai tenaga honor, ungkap dia, belum pernah honor sampai telat hingga 3 bulan berturut-turut. Ketika hal tersebut dipertanyakan ke pihak menagemen jawabannya selalu bersabar karena klaim BPJS belum masuk.

"Setahu kami sangat-sangat mustahil klaim BPJS belum masuk kecuali tidak ditagihkan. Kami tenaga honor terkesan ditumbalkan untuk kebijakan yang tidak jelas. Kami banyak mendapat bocoran kalau hak kami dipinjamkan ke Pemkab Cianjur," katanya.

Sedangkan terkait kekosongan obat di RSUD Cianjur, tambah dia, sama halnya dengan hak tenaga honor belum dibayarkan, karena pihak perusahaan tidak sanggup memberikan utang yang sudah lama belum juga dibayar.

"Sudah banyak tagihan obat yang belum dibayar, otomatis pemasok obat tidak mau mengambil resiko karena hutang RSUD Cianjur, sudah terlalu banyak. Dalam sebulan tagihan obat bisa sampai Rp1 miliar yang harus dibayarkan," katanya.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)