logo rilis
Bogor Siapkan 'Smoking Area' dalam Perda
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
14 April 2018, 22:32 WIB
Bogor Siapkan 'Smoking Area' dalam Perda
FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Bogor— Revisi Peraturan Daerah (Perda) Kota Bogor Nomor 12 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok atau (KTR) akan memasukkan aturan mengenai penyediaan area khusus merokok atau "smoking area".

"Smoking area dulunya belum diatur dalam Perda, hanya melalui peraturan wali kota," kata Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bogor, Erni Yuniarti, Sabtu (14/4/2018).

Erni mengatakan, dalam revisi Perda KTR, Pemerintah Kota Bogor semakin memperketat aturan KTR dengan memasukkan area merokok ke dalam peraturan daerah tersebut.

Selain itu, perda dibuat lebih kekinian dengan mengikuti tren yang saat ini, seperti mengatur penggunaan vape atau rokok elektrik dan shisha di tempat umum.

Menurut Erni, banyak tempat umum yang menjadi kawasan tanpa rokok tidak mematuhi Perwali tentang penyediaan smoking area. Karena itu, pihaknya meningkatkan peraturannya dengan memasukkannya ke dalam Perda.

"Dengan diatur dalam Perda, apabila ada pelanggaran bisa kita tindak sesuai aturan," katanya.

Ia mengatakan dalam revisi Perda KTR, keberadaan smoking area diatur dengan beberapa persyaratan, yakni lokasi harus terpisah dari gedung utama. Lalu, bukan berupa bangunan tetapi area, tidak beratap dan berdiding terbuka atau lepas, seperti gazebo. 

"Sehingga untuk membangunnya tidak memerlukan izin mendirikan bangunan," ujar dia.

"Smoking area harus dilengkapi dengan tanda peringatan larangan merokok dan bahaya rokok," katanya.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)