logo rilis
Bocor! Ini Nama Pj Gubernur Sumut yang Gantikan Erry Nuradi
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
18 Juni 2018, 13:30 WIB
Bocor! Ini Nama Pj Gubernur Sumut yang Gantikan Erry Nuradi
Mantan Gubernur Sumut, Erry Nuradi beserta istri mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri. FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Bandung— Gubernur Sumatera Utara (Sumut) periode 2013 - 2018, Tengku Erry Nuradi, baru saja mengakhiri masa jabatannya pada Sabtu, 17 Juni kemarin.

Sekda Provinsi Sumut, R Sabrina, saat ini ditunjuk sebagai pelaksana harian (Plh) sebelum ditetapkan penjabat (Pj) gubernur nantinya.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo akan mengangkat Pj gubernur pada 21 Juni mendatang. kandidatnya akan diambil dari instutusi pemerintah.

"Dia pejabat di pemerintahan, kita lihat nanti. Tunggu Kepresnya dulu," ujar Tjahjo usai melantik Komjen Pol Mochamad Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar di Gedung Merdeka Bandung, Senin (18/6/2018).

Hal tersebut dibenarkan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Sumarsono. Menurut dia, ada tiga nama dari internal Kemendagri yang disiapkan.

Pejabat tersebut merupakan eselon I, atau sekelas sekjen, dirjen atau kepala badan di Kemendagri. Saat ditanya nama, ia memang tak sebut secara langsung, namun berakhiran huruf "O".

"Pokoknya, namanya berakhiran huruf O," ketika ditanya wartawan bahwa calonnya adalah Dirjen Administrasi Kewilayahan (Adwil), Eko Subowo.

Nama Eko Subowo memang sempat beredar di kalangan media. Ia juga pernah menjabat sebagai Pj Gubernur Papua pada 2017 lalu.

Selain nama Eko, sejumlah dirjen yang memiliki nama berakhiran O sudah memiliki jabatan. Antara lain, Sumarsono (Pj Gubernur Sulsel) dan Soedarmo (Pj Gubrnur Papua).


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)