logo rilis

BNN Targetkan Lumpuhkan 26 Sindikat Narkoba
Kontributor

20 Maret 2018, 20:22 WIB
BNN Targetkan Lumpuhkan 26 Sindikat Narkoba
Narkoba. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Heru Winarko, menargetkan akan melumpuhkan 26 sindikat narkoba. Sebab itu, dia meminta keterlibatan seluruh masyarakat dalam memerangi peredaran narkoba.  

"BNN menekankan upaya pemberantasan narkoba dengan pola pencegahan yang lebih sistematis. Ditargetkan, pada 2018, BNN mampu melumpuhkan 26 sindikat narkoba yang nekat beraksi di dalam negeri," kata Heru, di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, (20/3/2018). 

Menurutnya, sindikat tersebut kerap masuk ke Indonesia. Salah satu alasannya, karena harga narkoba di Indonesia luar biasa mahal. 

Padahal, ia mengungkapkan, kalau di Cina harga per gram setara dengan Rp20 ribu, di Iran Rp50 ribu.

"Sedangkan di sini per gram mencapai Rp1,5 juga. Jadi memang potensi pasokan dan permintaan juga ditekan,” ungkapnya. 

Dengan kondisi demikian, BNN diberi mandat oleh Presiden Joko Widodo harus mampu mengurangi pasokan narkoba.

Heru menjelaskani, tercatat sebanyak 70 persen narkoba yang beredar di Indonesia berasal dari luar negeri. Dengan persentase yang didominasi narkoba asal luar negeri, BNN membutuhkan kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat agar bisa memerangi narkoba. 

“Narkoba adalah musuh kita bersama. Kita, di BNN mendapat mandat dari negara untuk melaksanakan pencegahan dan pemberantasan narkoba," tegasnya. 

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)