logo rilis

Bingung Bersihkan Rumah Pasca Banjir, Simak Langkah-Langkah Ini...
Kontributor
Tari Oktaviani
03 Januari 2020, 11:27 WIB
Bingung Bersihkan Rumah Pasca Banjir, Simak Langkah-Langkah Ini...
Perabotan Rumah yang Terkena Banjir di Bekasi (2/1/2020). RILIS.ID/Tari Oktaviani

RILIS.ID, Jakarta— Banjir yang melanda Jabodetabek membuat banyak warga prihatin mengingat menjadi banjir terparah selama 10 tahun terakhir. Akibat banjir pun akhirnya membuat kondisi rumah dipenuhi dengan lumpur pasca surut.

Banyak orang kemudian kesusahan dan bingung harus mulai darimana untuk membereskan rumah yang sudah porak poranda. Untuk itu baiknya simak beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk membereskan rumah pasca banjir.

Pertama, jika di dalam rumah masih ada genangan air maka keluarkan dulu genangan air tersebut dengan pel karet. Begitu jg lumpur yang cukup tinggi perlu dikeluarkan dulu untuk memudahkan anda berjalan di dalam rumah.

Kedua, keluarkan barang-barang yang ada di dalam rumah baik barang besar maupun barang-barang kecil. Jika memungkinkan pilah barang yang masih bisa dibersihkan dan bisa terpakai. 

Ketiga, baiknya jangan menunggu lumpur mengering karena akan menyulitkan proses pembersihan. Setelah banjir surut segera bersihkan lumpur dengan tuang air bersih dan keluarkan ke luar pintu rumah. Ulangi sampai lumpur tidak lagi menggenang di lantai. 

Keempat, jika sudah tak ada lagi lumpur di lantai rumah, maka langkah yang harus anda lakukan yakni dengan mengepel menggunakan karbol untuk menghilangkan bau amis. Setelah dipel dengan karbol, anda bisa mengepel dengan cairan desinfektan untuk menghilangkan kuman. 

Kelima, untuk noda-noda lumpur membandel di lantai dan wc atau bak kamar mandi, anda bisa gunakan campuran air cuka atau baking soda. Namun baiknya jangan dilakukan apabila lantainya terbuat dari marmer. Pasalnya, cairan cuka dapat mengikis marmer.

Keenam, setelah lantai selesai maka yang harus anda lakukan ialah menyikat tembok. Sikat tembok yang tampak kotor akibat banjir dengan cairan desinfektan. Kemudian bilas dengan air bersih dan tunggu kering.

Ketujuh, cucilah barang-barang yang masih bisa terpakai. Untuk sofa dan kasur baiknya jemur dahulu sampai kering baru kemudian dicuci sampai bersih. 

Kedelapan, jika semua sudah beres, masukan perabotan rumah dan tata lagi di dalam rumah. Untuk barang-barang elektronik, baiknya tidak langsung dinyalakan. Tunggu sampai kering dan anda bisa mencobanya di kemudian hari. Jika memang rusak, anda bisa membawanya ke tukang servis barang-barang elektronik.

Langkah-langkah tadi memang tidak bisa dikerjakan dalam sehari dua hari. Baiknya anda mencicil pekerjaan tersebut dan minta bantuan orang lain untuk mempercepat pembersihan dan menghemat tenaga. Semangat ya....




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID