logo rilis
Bibit Unggul Kelapa Gratis untuk Rakyat Halmahera Barat
Kontributor

20 April 2018, 07:35 WIB
Bibit Unggul Kelapa Gratis untuk Rakyat Halmahera Barat
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Maluku utara dikenal sebagai produsen buah kelapa.

Untuk mendukung peningkatan produktivitas kelapa dalam, BPTP Maluku Utara mendistribusikan bibit unggul kelapa kepada petani di Kabupaten Halmahera Barat.

Kepala BPTP Maluku Utara, Bram Brahmantyo, menjelaskan sumber benih yang dibagikan berasal dari Pohon Induk Terpilih (PIT) di Desa Susupu, Kecamatan Sahu. 

Kelapa ini telah ditetapkan oleh Ditjen perkebunan dengan nomor SK 33/Kpts/KB.020/5/2017 dan telah lulus sertifikasi dari BP2STP Provinsi Maluku Utara dengan nomor 08/Sert/BP2STP/2018.

Distribusi dilakukan di Kelompok tani Basudara mFarm dan Gamlenge II, Desa Gamlenge dan Tataleka sesuai rekomendasi Distan Provinsi Maluku Utara. 

Bibit kelapa sebanyak 4.540 bibit secara resmi diserahkan oleh Wawan Sulistiono dari BPTP Maluku Utara kepada Ketua Kelompok Tani, Roy Marten dan Nurfitriani Iroth. 

Terjal dan beratnya medan menuju 2 desa penerima program tersebut, tidak menyurutkan tekad Tim perbenihan kelapa untuk menyalurkan bibit kepada petani yang memang membutuhkan. 

Kebahagiaan tersendiri ketika menyaksikan antusias petani yang menerima bibit kelapa di lapangan. Ini terbukti dari banyaknya petani di luar kelompok yang berminat untuk mendapatkan bibit tersebut.

Sementara kewenangan pembagian bibit kepada petani di luar yang telah terdata di CPCL diserahkan sepenuhnya kepada kebijakan ketua kelompok. 

Dalam kesempatan itu juga disampaikan kepada para petani penerima manfaat untuk segera menanam bibit yang telah diterima dan merawatnya dengan baik.

Sumber: Himawan Bayuaji/Wawan Sulistiono




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID