logo rilis

Biar Naik Kereta Api Nyaman, Sebaiknya Hindari Jadi Tipe-tipe Penumpang Kaya Gini
Kontributor
Elvi R
30 Juli 2018, 09:24 WIB
Biar Naik Kereta Api Nyaman, Sebaiknya Hindari Jadi Tipe-tipe Penumpang Kaya Gini
Penumpang Kereta. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Sejak beberapa tahun belakangan, PT KAI banyak melakukan perbaikan di berbagai sisi layanan dan fasilitas untuk penumpang. Naik kereta Indonesia sekarang pun sudah semakin nyaman, dengan gerbong yang bersih dan semua penumpang dipastikan dapat tempat duduk sesuai dengan tiket masing-masing. PT KAI pun sudah memastikan ada banyak cara untuk beli tiket kereta Indonesia dengan aman. Bisa lewat loket, atau melalui aplikasi seperti Traveloka yang merupakan partner terpercaya dari PT Kereta Api Indonesia.

Namun ketika kereta api Indonesia sudah semakin baik, terkadang masih ada saja penumpang dengan tipe-tipe yang membuat perjalanan jadi kurang nyaman. Nah, sebaiknya hindari jadi penumpang tipe ini agar kamu dan semua penumpang yang ada di dalam gerbong mendapatkan rasa nyaman yang sama ya.

Tipe pertama Si Bau Badan Menyengat
Sepadat apapun jadwal kegiatanmu, pastikan untuk tak bermasalah dengan bau badan ketika naik kereta api. Meski bukan hal yang sangat penting, namun bau badan menyengat tentu membuat penumpang lain merasa tidak nyaman selama satu perjalanan dengan kamu. Terlebih sekarang masing-masing gerbong dirancang dengan pintu tertutup dan ber-AC. Kalau bau badan kamu menyengat, sudah pasti jadi polusi bagi penumpang satu gerbong.

Bila tak sempat mandi, pastikan untuk memakai baju bersih dan deodorant. Tak harus wangi, tetapi pastikan tidak membuat penumpang di sebelah kamu merasa terganggu dengan bau badan.

Tipe Kedua Si Makan Tempat
Kecuali kamu beli dua tiket untuk satu orang, maka janganlah jadi penumpang yang suka makan tempat. Duduklah dengan baik dan letakkan barang di tempat yang sudah disediakan. Bagasi barang atau tepat di bawah tempat duduk. Ingatlah juga untuk berbagi tempat minum di sisi jendela. Jangan semua diisi dengan makanan dan bekal kamu, karena penumpang lain pun punya hak yang sama untuk meletakkan makanan dan minuman mereka di situ.

Tipe Ketiga Si Pembuang Sampah Sembarangan
Sudah nggak zaman lagi deh buang sampah sembarangan di dalam gerbong kereta. Tidak hanya di gerbong kereta, seharusnya kita selalu membuang sampah pada tempatnya dimanapun kita berada ya.

Untuk di gerbong kereta, simpanlah sampah di kantong kecil dan serahkan kepada petugas yang secara berkala akan lewat untuk membersihkan sampah di seluruh gerbong. Menjaga kebersihan diri sendiri, artinya kamu juga sudah menjaga kenyamanan orang lain. Kalau kamu jorok, perjalanan dengan kereta pasti tak nyaman dan tidak sehat pastinya.

Tipe Keempat Si Tukang Meninggalkan Jejak di Toilet
Berbeda dengan gerbong kereta zaman dulu. Gerbong zaman sekarang sudah bersih di semua sisi, khususnya toilet. Tak hanya rutin dibersihkan, tetapi toilet kereta zaman sekarang juga sudah wangi dan dilengkapi tissue.

Sudah tentu, hal itu agar semua penumpang yang memakai toilet merasa nyaman. Pastikan untuk menyiram WC dengan baik dan bersih. Selain itu jangan tinggalkan sampah apapun di area toilet. Buanglah di tempat sampah yang sudah disediakan oleh KAI di semua toilet gerbong. Jika tempat sampah itu sudah penuh, maka temukan tempat sampah lainnya yang masih mampu menampung sampah kamu ya.

Tipe Kelima Si Berisik yang Mengganggu
Perjalanan dengan teman memang seru. Tetapi ingat, bahwa bukan hanya kamu dan teman-temanmu saja penumpang di dalam kereta itu. Jaga diri dengan tidak terlalu berisik ketika berada di dalam kereta, terutama di jam tidur.

Selain itu, hindari mendengarkan musik atau video dengan suara nyaring. Gunakan headset agar tak mengganggu orang lain di dalam gerbong. Hindari juga bernyanyi dengan suara lantang, bergumamlah atau ikuti nada dalam hati saja agar tak mengganggu penumpang kereta lainnya.

Menjadi penumpang yang baik dan menjaga diri selama perjalanan agar tak mengganggu orang lain adalah cara mudah untuk membantu menciptakan keamanan dan kenyamanan di dalam kereta api. KAI sudah berubah, penumpangnya juga harus berubah jadi lebih baik. Yuk!


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)