logo rilis
BI Catat Optimisme Konsumen Maret 2018 Turun
Kontributor
Intan Nirmala Sari
05 April 2018, 19:45 WIB
BI Catat Optimisme Konsumen Maret 2018 Turun
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) Maret 2018, menunjukkan optimisme konsumen tidak sekuat hasil survei bulan sebelumnya, meskipun tetap terjaga. Bahkan, untuk tiga bulan ke depan tekanan harga diproyeksikan menurun. 

Sementara itu, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2018, yang tetap berada di atas 100 yakni sebesar 121,6 poin, namun lebih rendah dari IKK bulan sebelumnya sebesar 122,5 poin.

Terjaganya optimisme konsumen, terutama ditopang oleh ekspektasi peningkatan kegiatan usaha dalam enam bulan mendatang.

"Namun, persepsi terhadap menurunnya ketersediaan lapangan kerja saat ini, menyebabkan IKK Maret 2018 menjadi lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman dalam pernyataan resmi di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga diperkirakan meningkat dalam tiga bulan mendatang (Juni 2018). Perkiraan konsumen terhadap perkembangan harga tersebut, terutama dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan barang dan jasa pada masa Ramadhan dan Idul Fitri.

"Namun, tekanan harga dalam enam bulan mendatang diperkirakan menurun didukung oleh persepsi konsumen terhadap meningkatnya pasokan barang," jelasnya.


komentar (0)