logo rilis
Besok, Setya Novanto Akan Diperiksa sebagai Tersangka di KPK
Kontributor
Tari Oktaviani
14 November 2017, 13:06 WIB
Besok, Setya Novanto Akan Diperiksa sebagai Tersangka di KPK
Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi Indonesia melakukan aksi menanggapi batalnya status tersangka Setya Novanto di are

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Setya Novanto akan diperiksa sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP untuk pertama kalinya, besok, Rabu (15/11/2017). 

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah membenarkan kabar tersebut. Dia berujar, penyidik mulai masuk ke materi kasus yang dilakukan Novanto sebagai tersangka.

"Iya benar, surat panggilan sudah kita sampaikan," katanya kepada rilis.id, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Dia mengatakan, pemanggilan esok masih dilakukan oleh KPK secara patut. Dengan kata lain, KPK belum mengambil langkah pemanggilan secara paksa pada esok hari.

Pasalnya, lanjut Febri, pemanggilan dengan status tersangka baru perdana dilakukan oleh KPK. Untuk itu, ia berharap Novanto dapat memenuhi permintaan KPK tersebut.

"Belum (panggil paksa). Kita harap yang bersangkutan mematuhi aturan hukum dan memberikan contoh yang baik sebagai pimpinan lembaga negara untuk bisa datang pada proses pemeriksan di institusi penegak hukum termasuk KPK," paparnya.

Lagipula, lanjutnya, bila Novanto merasa tidak melakukan korupsi dalam pengadaan proyek senilai Rp5,9 triliun itu, maka yang bersangkutan bisa mengklarifikasi langsung ke penyidik. 

"Kalau ada bantahan yang disampaikan, maka akan terbuka kemungkinan proses klarifikasi dan pengajuan bukti-bukti yang sebaliknya pada proses pemeriksaan," tutupnya.


#Setya Novanto
#DPR
#e-KTP
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)