logo rilis
​Besok, Presiden Akan Kuliah Umum di Depan 5.000 CPNS
Kontributor
Tio Pirnando
26 Maret 2018, 22:34 WIB
​Besok, Presiden Akan Kuliah Umum di Depan 5.000 CPNS
Presiden Joko Widodo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Presiden Joko Widodo dijadwalkan memberikan kuliah umum kepada sekitar 5.000 calon pegawai negeri sipil (CPNS) hasil rekrutmen 2017 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (27/3/2018). Kegiatan tersebut bertajuk "Bersatu dalam Harmoni Menuju Birokrasi Berkelas Dunia 2024".

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur, mengatakan, kuliah umum tersebut merupakan bagian dari Latihan Dasar (Latsar) CPNS di sejumlah kementerian/lembaga. 

"Bagi CPNS yang tidak hadir di Istora Senayan, tetap harus mengikuti melalui siaran langsung dan teleconference di tempat diklat masing-masing," ujarnya di Jakarta, Senin (26/3).

Sejumlah figur juga akan memberikan kuliah umum. Di antaranya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila Yudi Latif, serta pendiri Gojek Nadiem Makarim.

Latsar CPNS, imbuh Asman, bakal turut dimeriahkan permainan angklung kolosal oleh seluruh CPNS. Diharapkan Presiden bergabung dalam permainan angklung itu.

"Jika kita melakukan pekerjaan untuk bangsa secara bersatu, maka akan mendapatkan hasil capaian yang baik sebagaimana harmoni, lagu yang indah. Sehingga, diharapkan melalui kegiatan ini, akan menjadi komitmen bersama untuk mencapai birokrasi kelas dunia pada tahun 2024," paparnya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menambahkan, Presiden selalu mendorong anak buahnya mewujudkan birokrasi berkelas dunia (world class government) 2024. Diharapkan juga berdaya saing serta menciptakan iklim usaha yang kondusif.

"Salah satu upaya untuk mewujudkan birokrasi yang berkelas dunia, antara lain dengan menyiapkan SDM aparatur yang berkualitas. Tahun 2017, ikhtiar terus diupayakan, di antaranya melakukan seleksi penerimaan CPNS secara ketat, kompetitif, adil, objektif, transparan, dan bebas KKN," tuntas dia.

Latsar CPNS 2017 direncanakan juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, para menteri Kabinet Kerja, kepala lembaga pemerintah non-kementerian (LPNK), khususnya merekrut CPNS.

Editor: Fatah H Sidik


500
komentar (0)