Home » Peristiwa » Nasional

Besok, KPK Pastikan Hadir pada Sidang Perdana Setya Novanto

print this page Rabu, 6/12/2017 | 23:30

Ketua DPR RI, Setya Novanto (rompi Oranye). FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan hadir dalam sidang perdana praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2017).

Menurutnya, meskipun berkas perkara penyidikan Setya Novanto telah dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU), namun pihaknya akan tetap menunggu bunyi putusan hakim tunggal praperadilan.

"Tentu timbul perdebatan hukum apakah masih relevan permohonan gugatan penetapan tersangka tersebut atau tidak. Tapi untuk hormati praperadilan maka besok kita akan hadir," katanya di gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Febri menjelaskan, saat ini prosesnya sudah berada pada domain pengadilan tindak pidana korupsi untuk mengusut perkara Novanto. Sehingga menurutnya, tugas penyidik sudah selesai.

"Ya kalau kita bicara tentang apa seseorang yang diduga lakukan korupsi atau tidak, satu-satunya forum yang bisa membuktikan itu sidang perkara pokok karena praperadilan hanya bicara aspek formal," ungkapnya.

Meski begitu, Ia tak mau menyebutkan secara gamblang apakah pelimpahan itu menbuat status Setya Novanto menjadi terdakwa. Ini mengingat yang digugat oleh Setya Novanto melalui kuasa hukumnya ialah penetapan status tersangka, bukan terdakwa.

"Saya kira terlepas dari statusnya, terpenting proses penyidikan selesai sampai perkara diserahkan ke JPU apalagi sudah diserahkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat," jelasnya.

Untuk diketahui besok 7 Desember 2017, sidang perdana praperadilan Setya Novanto akan kembali digelar setelah ditunda sepekan. Penundaan tersebut akibat ketidakhadiran pihak dari KPK di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Penulis Tari Oktaviani
Editor Syahrul Munir

Tags:

Sidang PerdanaPraperadilan Setya NovantoPengadilan Negeri Jakarta PusatJPUJaksa Penuntut Umum