logo rilis
Besok, KPK Akan Panggil Lagi Zumi Zola
Kontributor
Tari Oktaviani
08 April 2018, 11:12 WIB
Besok, KPK Akan Panggil Lagi Zumi Zola
Gubernur Jambi, Zumi Zola. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Gubernur Jambi, Zumi Zola, akan kembali dipanggil oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tepatnya, Senin (9/4/2018) esok, penyidik menjadwalkan pemeriksaan ulang terhadap pria mantan artis sinetron itu.

"ZZ (Zumi Zola) sendiri kita rencanakan diperiksa pada hari Senin, Senin pekan Minggu depan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Minggu (8/4/2018).

Pemanggilan ulangnya ini lantaran Zumi mangkir pada pemeriksaan yang lalu. Kala itu, ia beralasan belum menerima surat panggilan KPK padahal penyidik sudah memastikan surat diterima di kediaman Zumi. Untuk itu, KPK meminta Zumi bersikap kooperatif dengan memenuhi panggilan pada Senin esok.‎

"Jadi kita harap datang Senin tersebut.‎ Karena alasan sebelumnya ketidakdatangan karena surat katanya belum diterima. Pemeriksana hari Senin itu kita harap (tidak hadir dengan alasan belum menerima surat) tidak terjadi lagi," ujar Febri.

Ia mengatakan, jangan sampai KPK perlu jemput paksa Zumi apabila ia mangkir lagi. Sebab komitmen bisa bekerjasama dengan KPK perlu dibuktikan oleh Zumi Zola.

"Kami harap itu (jemput paksa) tidak perlu dilakukan, karena tidak perlu dilakukan maka sebaiknya tersangka datang. Apalagi beberapa kali kan kita sudah dengar tersangka bilang akan kooperatif terhadap proses hukum. Jadi itu harus dibuktikan dengan datang memenuhi panggilan itu," ungkap Febri.‎

Sebelumnya, Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas proyek-proyek di Pemprov Jambi senilai Rp6 miliar bersama dengan Plt Kadis PUPR Jambi Arfan. Zumi Zola dan Arfan diduga kuat menerima sejumlah pengusaha dengan dalil izin sejumlah proyek di Pemprov Jambi.

Uang gratifikasi yang diterima dari sejumlah proyek itu disiapkan Zumi Zola sebagai 'uang ketok' agar DPRD Jambi memuluskan APBD Jambi tahun anggaran 2018.

Editor: Sukma Alam


komentar (0)