Home » Peristiwa » Nasional

Besok, KPK Akan Bawa Bukti Baru ke Praperadilan

print this page Kamis, 7/12/2017 | 14:25

Gedung KPK. FOTO: RILIS.ID/Ridwan Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Tim Biro Hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Setiadi menyampaikan, tak akan memakai bukti yang sama dengan bukti yang pernah disampaikan dalam praperadilan Setya Novanto jilid pertama.

"Kami memilah, dan memilih putusan dari perkara-perkara yang dulu, dan kami juga tidak akan gunakan dokumen-dokumen, atau surat yang pernah dihadirkan di praperadilan yang pertama," katanya usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2017).

Dia berujar, belajar dari kekalahan yang lalu, maka KPK sudah menyiapkan strategi untuk hadapi praperadilan saat ini. Menurutnya, salah satunya dengan menunjukkan bukti keterlibatan Novanto dalam kasus dugaan korupsi kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP) yang pernah dibeberkan oleh terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong dalam sidang tindak pidana korupsi.

"Pasti ada strategi khusus, ada beberapa pemeriksaan dari tersangka yang sudah diperiksa di pengadilan. Yang terakhir bahkan sudah buka-bukaan semua, terbuka semua jelas oleh salah satu terdakwa dan itu ada sebagian yang kami masukan dalam jawaban kami," katanya.

Lalu, strategi lainnya ialah termasuk membawa sejumlah saksi dan ahli yang menguatkan langkah KPK dalam menetapkan Ketua DPR itu sebagai tersangka.

"Saksi kami kurang lebih 5, ada saksi fakta ada juga ahli yang akan kami sampaikan. 1 atau 2 untuk saksi sisanya ahli. Ada ahli hukum pidana, ahli hukum acara pidana, ada juga ahli hukum dan administrasi tata negara," tutupnya

Penulis Tari Oktaviani
Editor Sukarjito

Tags:

KPKKorupsi e-KTPSetya Novanto