Home » Peristiwa » Dunia

Bertemu Suu Kyi, PM Kanada: Kami Bantu Krisis Rohingya

print this page Senin, 13/11/2017 | 10:44

Perdana Menteri Justin Trudeau bertemu Pemimpin Myanmar Aung San Suu Ky. FOTO: The Globe Mail

RILIS.ID, Da Nang— Perdana Menteri Justin Trudeau bertemu Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi di sela waktu acara KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik di Da Nang, Vietnam, Jumat (10/11), kemarin. Pertemuan tersebut membahas krisis Rohingya.

"Ini adalah kesempatan untuk membicarakan sejumlah masalah, termasuk situasi pengungsi dan bagaimana Kanada dapat terus membantu dalam situasi ini (Rohingya)," kata Trudeau dilansir The Globe Mail, Senin (13/11/2017).

Utusan khusus Kanada untuk Myanmar Bob Rae mengukapkan keprihatinannya atas situasi dan kondisi Rohingya. Ia berharap agar pengungsi Rohingya dapat dikembalikan ke asal negaranya.

"Kemauan yang sangat kuat dari pemerintahnya untuk terlibat dengan Bangladesh, untuk memungkinkan kembalinya pengungsi ke negara tersebut dan juga untuk melakukan rekonstruksi nyata."

Perserikatan Bangsa-Bangsa mencatat lebih dari 600.000 orang Rohingya telah meninggalkan Myanmar. Suu Kyi dan militer negara tersebut mendapat tekanan internasional untuk mengakhiri kekerasan tersebut, namun Suu Kyi tidak memiliki kendali atas militer tersebut di bawah konstitusi 2008.

Penulis Sukma Alam

Tags:

Aung San Suu KyiJustin TrudeauKanadaMyanmarRohingya

loading...