logo rilis
Bertemu Airlangga, Siti Zuhro: Pak Jokowi Sedang 'Searching List'
Kontributor
Budi Prasetyo
26 Maret 2018, 07:44 WIB
Bertemu Airlangga, Siti Zuhro: Pak Jokowi Sedang 'Searching List'
Pengamat Politik dari LIPI Siti Zuhro. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Surabaya— Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengatahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menilai, peluang Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo (Jokowi) masih terbuka lebar.

Menurutnya, Jokowi ingin melihat respons dari masyarakat, apakah memang menilai positif atau sebaliknya. 

"Saya kira Pak Jokowi sedang menyisir, mencari melakukan searching list, nama-nama yang akan digandeng," katanya ketika dikonfirmasi rilis.id, Senin (26/3/2018).

Dia mengatakan, tanda Jokowi sedang gerilya itu terlihat dari seringnya tampil dengan beberapa dengan ketua umum Parpol. 

"Dengan semua ketum kan tampil, PKB, PPP dan sowan ke ketum PDIP Perjuangan dan dengan ketum Hanura juga akrab. Memang Jokowi sedang menakar sejauh mana elektabilitas pasangannya nanti," katanya. 

Dijelaskannya, dia melihat, Jokowi sendiri sangat hati-hati dalam menentukan kandidat pendampingnya. Ssebagai petahana, kata dia, lawan yang dihadapi nanti juga cukup berat. 

"Kalau dulu partai partai mencarikan dan dijadikan, kalau sekarang Pak Jokowi dalam posisi petahana harus jeli dan cermat," katanya. 

Sebelumnya, Jokowi mengajak Airlangga joging bareng di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/3), Presiden juga mengajak Airlangga melihat kambing dan ngeteh bareng di Beranda Istana Bogor. 

Editor: Sukma Alam


500
komentar (0)