logo rilis

Bersepada Di Permukaan Air Bersama Manta5
Kontributor

30 Maret 2018, 23:31 WIB
Bersepada Di Permukaan Air Bersama Manta5

Pernahkah anda membayangkan untuk bersepeda di permukaan air? Dari tahun 2010 Guy Howard-Willis memulai merancang sebuah sepeda hidrofoil. Sepeda ini dari Manta5. Sama dengan sepeda pada umumnya, untuk bisa mengendarai sepeda ini juga membutuhkan waktu beradaptasi.

Dalam proses pencipaannya sepeda hydrofoil ini melibatkan para ahli di bidang aeronautika, hidrodinamik, mekanik, elektro guna mengatasi kerumitan hidrofoil dan posisi baling-baling.

Komponen Manta5 bersifat modular sehingga bisa dibongkar dan mudah dibawa kemana saja. Bisa disimpan di dalam mobil. Bobotnya hanya 20 kilogram dengan kemampuan membawa pengguna seberat 100 kilogram. Teknik waterproofing yang mutakhir dari sepeda ini memungkinkan bisa beradptasi dengan berbagai medan air: air asin dan air air tawar. Sepeda memiliki sayap yang lebar untuk meluncur melintas di permukaan air. lebar sayap belakang berukuran 2 meter, sayap depan 1,2 meter.

Manta5 berbentuk seperti sepeda dengan kerangka aluminium, dua hidrofoil berbahan karbon, dan motor listrik 400-watt untuk membantu meringankan beban saat dikayuh. Meskipun tidak punya lambung layaknya kapal, terdapat modul pengapung yang membuat sepeda tetap di permukaan walaupun sedang berhenti.

Dari satu pengisian baterai menawarkan satu jam bantuan pedal untuk pengendara 85 kilogram dalam kondisi rata-rata.

Baterai dari sepeda ini berperingkat IP67 sehingga mampu bertahan dengan aman terhadap lingkungan laut yang keras sekalipun. Selain itu tim Manta5 juga memperhatikan sampai pada kemudahan pengisian daya yang dapat dilepas pada setiap stopkontak listrik standar.

Baling-baling nilon yang ada pada Manta5 diperkuat serat karbon sehingga menciptakan keseimbangan sempurna dan menghasilkan gaya dorong pada kecepatan rendah serta mengurangi hambatan pada kecepatan tertinggi.

Manta5 menyebutnya sebagai sepeda hidrofoil paling maju di dunia.

28 februari kemarin adalah pra-penjualan pertama sepeda ini. Manta5 menawarkan model Hydrofoiler XE-1 yang memulai debut pada November tahun kemarin dan dirilis kemungkinan akhir tahun 2018. Sepeda ini di bandrol sekitar $5400 atau setara 70juta rupiah. Meski tidak dengan harga pasti, pihak Manta5 mengklaim harganya akan setara dengan rata-rata alat olahraga air.

Versi prototipe dapat digunakan selama kurang lebih satu jam pemakaian dengan kecepatan maksimal 20 km/jam. Baterai bisa dilepas apabila ingin segera menggantinya dengan baterai baru dan melanjutkan aktivitas.

Hydrofoil Bike ini dinominasikan, dan memenangkan, emas dalam kategori 'Konsep' di Penghargaan Desain Terbaik Selandia Baru 2017. Kemenangan ini bagi mereka untuk tetap konsisten mengembangkan sepeda hidrofoil. “Yakinlah bahwa kami akan memasuki model baru dan lebih baik ke dalam kategori Produk Konsumen Terbaik 2018,” dikutip dari website Manta5.

“Sering kali kami memiliki orang-orang yang memberi tahu kami apa yang ingin kami capai tidak dapat dilakukan. Umpan balik semacam itu benar-benar dapat memukul Anda dengan keras ... terutama ketika itu datang dari seorang ahli hidrodinamik." Kata Co-Founde Manta5, Guy Howard-Willis.


#Manta5
#Sepeda Hidrofoil
#sepeda air
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)