logo rilis

Bersejarah, Pemimpin Korut Akan Melintasi Perbatasan Korsel
Kontributor
Syahrain F.
26 April 2018, 16:47 WIB
Bersejarah, Pemimpin Korut Akan Melintasi Perbatasan Korsel
Rakyat Korsel memegang poster bergambar pemimpin Korut dan Korsel dalam rangka menyambut rencana pertemuan kedua negara, di Seoul, Korsel, kemarin (26/4/2018). Credit: AP/Lee Jin-man

RILIS.ID, Seoul— Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in akan melakukan seremoni bersejarah pada esok hari (27/4/2018). 

Kim dijadwalkan akan melewati perbatasan Korut-Korsel dan mengunjungi zona demiliterisasi--suatu langkah yang belum pernah dilakukan oleh pemimpin Korut sebelumnya sejak Perang Korea diakhiri gencatan senjata pada 1953.

Pertemuan yang akan digelar di wilayah perbatasan bernama Panmunjom itu merupakan kelanjutan dari upaya diplomasi guna melucuti senjata nuklir Korut.

Melansir dari kantor berita Associated Press, Moon akan menunggu di wilayah Korsel setelah Kim melintasi garis demarkasi (perbatasan) yang selama ini menjadi garis rivalitas antara kedua negara.

Keduanya lalu akan berjalan-jalan selama 10 menit untuk menginspeksi pasukan kehormatan yang berjaga di perbatasan, kata Kepala Staf Kepresiden Korsel Im Jong-seok.

Setelah menandatangani buku tamu dan berfoto di tempat digelarnya pertemuan, di Peace House, kedua pemimpin akan memulai pembicaraan formal pada 10.30 waktu setempat. Aktivitas keduanya akan dilanjutkan dengan menanam pohon pinus dengan menggunakan tanah yang dikeruk dari kedua negara. 

Di atas tanah gembur pohon tersebut akan ditancap plakat bertulis "Perdamaian dan Kemakmuran Tertanam".

Im mengatakan, Kim akan ditemani sembilan pejabat tinggi Korut, termasuk saudari perempuannya, Kim Yo Jong, yang beberapa waktu lalu mengawali diplomasi ke Korsel. 

Belum diketahui bagaimana hasil pertemuan tersebut akan diumumkan. Im mengatakan, bagian tersulit dari pertemuan nanti adalah menanti komitmen Korut untuk melucuti program senjata nuklirnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)