logo rilis

Beri Contoh Politik Sehat, PKS Tetap di Luar Pemerintahan
Kontributor
Nailin In Saroh
14 Oktober 2019, 13:01 WIB
Beri Contoh Politik Sehat, PKS Tetap di Luar Pemerintahan
Partai Keadilan Sejahtera

RILIS.ID, Jakarta— Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tetap memilih partai yang dipilih atau berada di luar pemerintahan. Keputusan ini tetap konsisten dengan pilpres lalu, sekaligus ingin memberi contoh berpolitik yang sehat.

Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto dengan Presiden Jokowi di Istana Negara beberapa waktu yang lalu.

"PKS ingin memberi contoh budaya politik yang sehat, PKS tidak ingin masuk kabinet karena ingin menerima partai-partai yang berkeringat memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin," ujar Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwain dalam keterangannya, Senin (14/10) 2019).

Jazuli menyatakan sikap PKS yang dilakukan semata-mata ingin memenangkan semua partai yang telah "berkeringat" memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019 lalu.

PKS, kata Jazuli, juga ingin memaksimalkan peran dalam berbagai kebijakan pemerintah melalui persetujuan. Lagipula, disetujui dia, PKS sendiri sudah ada di pemerintahan karena banyak kader yang menjadi kepala daerah di berbagai wilayah Indonesia

"PKS akan lebih leluasa, terfokus, bermartabat, dan objektif dalam solusi perspektif dan alternatif solusi kebangsaan jika tetap berada di luar pemerintahan. Oleh karena itu, PKS komitmen tetap berada di luar pemerintahan," kata Jazuli.

Lebih lanjut, Jazuli mempersilakan pertemuan terkait Prabowo dan Jokowi beberapa waktu yang lalu. Ia memperhatikan komunikasi antar elit politik yang sangat masuk akal.

Menurutnya, Prabowo pun tak salah jika rapat itu berujung menjadi keputusan untuk berkoalisi dengan Jokowi. 

"Sebagai pilihan politik, PKS kehormatan," katanya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID