logo rilis
Berdampak Buruk pada Ekonomi, Ketua DPR Minta Nilai Tukar Rupiah Dijaga
Kontributor
Nailin In Saroh
19 Mei 2018, 13:30 WIB
Berdampak Buruk pada Ekonomi, Ketua DPR Minta Nilai Tukar Rupiah Dijaga
Mata Uang Rupiah. FOTO: RILIS.ID/Elvi R

RILIS.ID, Jakarta— Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah menjaga nilai tukar Rupiah. Pasalnya, fluktuasi rupiah selalu berdampak pada perekonomian nasional. 

“DPR mengingatkan kepada pemerintah untuk mengantisipasi dampak fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika sehingga Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan perlu menjaga stabilitas nilai tukar rupiah agar tidak berdampak buruk terhadap perekonomian kita,” ujarnya di Kompleks Parlemem, Senayan, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Tidak hanya pemerintah, lanjut Bamsoet, DPR juga akan fokus pada pembicaraan RAPBN 2019 berikut rencana kerja pemerintah 2019.

Selain itu, Bamsoet mengimbau anggota DPR melakukan pengawasan terhadap pemerintah selama bulan suci Ramadan dan menjelang Idul Fitri tahun ini. Di antaranya, terkait kesiapan penyediaan sembilan bahan pokok (sembako), kesiapan sarana jalan dan transportasi mudik, ketersediaan bahan bakar minyak dan gas, serta pasokan listrik. Sektor ini begitu krusial selama Ramadhan dan Idul Fitri.

“Kami meminta kepada komisi-komisi terkait, melakukan kunjungan spesifik ke pasar-pasar tradisional, mengecek langsung kesiapan bandar udara, stasiun, terminal, pelabuhan, serta jalan tol. Pelayanan kepada masyarakat selama bulan puasa dan lebaran hendaknya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,"

"Kami tidak menginginkan karena kelalaian dan ketidaksiapan pemerintah, lalu menyebabkan terganggunya kehidmatan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa serta Lebaran Idul Fitri,” tukas politisi Partai Golkar ini.

Editor: Elvi R


komentar (0)