logo rilis
Bekasi-Karawang-Purwakata Bakal Jadi Kawasan Industri Terpadu
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
09 Juni 2018, 07:39 WIB
Bekasi-Karawang-Purwakata Bakal Jadi Kawasan Industri Terpadu
Revolusi Industri. FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Jakarta— Kalangan pengusaha menyambut positif rencana pemerintah untuk membentuk wilayah Bekasi, Karawang, dan Purwakarta menjadi kawasan ekonomi industri terpadu.

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI), Sanny Iskandar, mengatakan tiga wilayah tersebut potensial untuk bisnis. Terutama, untuk industri-industri tertentu diorientasikan di sana, karena posisi geografisnya adalah industri berteknologi tinggi.

"Iya tentu (bernilai potensial)," kata Sanny kepada wartawan, kemarin.

Sanny menjelaskan, dukungan pengembangan industri berteknologi tinggi sesuai dengan visi Revolusi Industri 4.0 yang tengah digaungkan pemerintah.

Meski ia menilai potensi tiga wilayah di Jawa Barat itu potensial dari sisi bisnis, namun bukan berarti kalangan pengusaha tidak mendukung industri di kawasan lain seperti Jawa Tengah atau Jawa Timur.

"Kami tetap mendukung industri di kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur, tapi kan ada spesialisasinya. Misal di Jawa Tengah itu padat karya, tapi di sini (Bekasi, Karawang, Purwakarta) padat modal," katanya.

Sanny mengatakan, berdasarkan rapat koordinasi yang dihadirinya, pemerintah mengarahkan untuk membentuk Bekasi, Karawang dan Purwakarta menjadi Kawasan Strategis Nasional.

Menurut dia, dengan penyematan status "startegis", diharapkan ada koordinasi yang lebih baik karena ada campur tangan pemerintah pusat. Meski demikian, kewenangan otonomi daerah tidak akan berkurang.

"Pak Menko (Luhut Pandjaitan) selalu menekankan daerah tidak boleh diabaikan, harus dilibatkan jadi ini masalah pengorganisasian supaya lebih sinergi antara tiga kabupaten," ujarnya.
 

Sumber: ANTARA


komentar (0)