logo rilis
Begini Harusnya Jokowi Menyikapi Hastag #2019gantipresiden
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
24 April 2018, 17:13 WIB
Begini Harusnya Jokowi Menyikapi Hastag #2019gantipresiden
Presiden RI Joko Widodo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Pakar media sosial, Hariqo Wibawa Satria, menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak perlu merasa terganggu dengan masifnya hastag #2019gantipresiden di media sosial. Kondisi ini akan berbalik kalau petahana di Pilpres 2019 itu, bisa merangkul netizen.

Menurut dia, kalau Jokowi sampai terganggu dengan gerakan-gerakan tersebut, ini malah akan memecah-belah publik. Misal, bikin hastag tandingan atau semacamnya.

"Memang gerakan ini dibuat untuk menganggu dia," kata Hariqo kepada rilisi.d, Selasa (24/4/2018).

Jokowi harus bisa merangkul mereka. Misal, menghargai kalau ini adalah bagian dari demokrasi, atau justru mau berfoto bersama dengan warga yang kebetulan pakai kaos bertuliskan "2019GantiPresiden".

Cara ini lebih baik untuk meredam gerakan tersebut ketimbang Jokowi harus melawan persepsi warganet. Meski diakuinya, salah satu masalah di jejaring dunia maya adalah tidak semua akun bersifat organik. Bisa saja buzzers atau akun-akun anonim.

"Jadi, tidak selalu gerakan di media sosial itu punya kesamaan dengan di 'darat'," paparnya.

Cuma, ia akui kalau "permainan" tersebut terus-menerus bergerak masif, maka akan berpengaruh juga dengan elektabilitas Jokowi. Karena, opini publik bisa diarahkan atas sesuatu yang ramai jadi perbincangan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)