logo rilis
Bawaslu Sebut Perpanjangan Pendaftaran Caleg Tergantung Situasi
Kontributor
Kurniati
16 Juli 2018, 18:00 WIB
Bawaslu Sebut Perpanjangan Pendaftaran Caleg Tergantung Situasi
FOTO: RILIS.ID/Armidis Fahmi

RILIS.ID, Jakarta— Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, mengatakan kemungkinan bagi perpanjangan masa pendaftaran calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum bergantung kepada situasi di hari akhir pendaftaran caleg, Selasa 17 Juli 2018 besok.

"Tergantung situasi besok. Kalaupun situasinya belum terpenuhi di saat akhir dan kalau memang mau mengubah pasti (KPU) meminta rekomendasi dari kami," ujar anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, di Gedung KPU RI, Jakarta, Senin (16/7/2018).

Hingga Senin siang, baru Partai Nasdem yang melakukan pendaftaran caleg ke KPU RI. 

Nasdem mendaftarkan secara serentak calegnya ke KPU seluruh Indonesia.

Menurut agenda pendaftaran yang dirilis KPU, sebelumnya ada tujuh partai yang menyampaikan rencana bakal mendaftarkan caleg ke KPU RI.

Namun hingga Senin petang, satu per satu menyatakan batal, sehingga hanya Nasdem yang mendaftarkan caleg ke KPU RI, Senin.

Afifuddin mengatakan berdasarkan pengawasan Bawaslu RI, secara teknis proses memasukkan data caleg ke dalam sistem informasi pencalonan atau silon belum selesai dilakukan seluruh partai politik.

Proses memasukkan data bakal caleg ke dalam silon yang dilakukan di hari-hari akhir oleh mayoritas partai politik, membuat jaringan silon menjadi lambat. 

Meskipun demikian, Afifufddin mengatakan masih ada waktu bagi partai politik hingga pendaftaran ditutup Selasa besok Pukul 24.00 WIB.

"Besok lihat perkembangannya. Kami juga sedang menunggu input pendaftaran teman-teman partai politik dari provinsi dan kabupaten- kota di daerah, kalau belum selesai (sampai waktu ditentukan) kami akan siapkan sikap. Tapi masih ada waktu sampai besok," jelas Afifuddin
 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)