logo rilis
Bawaslu: Calon Tunggal Pasti Ada Pelanggaran
Kontributor
Sukma Alam
19 April 2018, 06:19 WIB
Bawaslu: Calon Tunggal Pasti Ada Pelanggaran
Ilustrasi: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Minahasa Tenggara— Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja, mengungkapkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dengan calon tunggal mempunyai potensi permalasahan.

"Pilkada calon tunggal ada potensi permasalahan yang bisa terjadi, jika tidak diawasi dan tidak sesuai akuntabilitas," ujarnya di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Rabu (19/4/2018).

Dia menuturkan, pelanggaran bisa dilakukan oleh pihak pasangan calon, atau pihak yang mendukung kotak kosong. Menurutnya, proses pencegahan adalah hal terbaik agar menghindari terjadinya permasalahan.

"Potensi terjadinya permasalahan dapat diatasi jika dilakukan pencegahan terhadap pelanggaran yang bisa terjadi," katanya.

Dia menuturkan, sejumlah permasalahan dapat terjadi seperti politik uang saat pemilihan, kampanye yang tidak sesuai dengan aturan.

"Sejumlah pelanggaran berpotensi terjadi dalam Pilkada dengan calon tunggal, mulai proses kampanye yang tidak sesuai aturan, atau kampanye yang menyudutkan pasangan calon, kampanye hitam atau menggunakan isu Sara, sampai nantinya ada politik uang," katanya.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)