logo rilis
Bawang Merah Jawa Tengah Jadi Barometer Pengembangan Bawang Merah Nasional
Kontributor
Fatkhurohman Akbar
20 April 2018, 15:46 WIB
Bawang Merah Jawa Tengah Jadi Barometer Pengembangan Bawang Merah Nasional
Penyuluh dan Petani Integrator dari Dinas Pertanian Pemda Tomohon belajar budidaya bawang merah di Jawa Tengah. FOTO: Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Bawang merah merupakan komoditas pertanian penting bahkan menjadi salah satu komoditas strategis Kementerian Pertanian untuk dikembangkan secara masif di seluruh wilayah sentra bawang merah.

Sulawesi Utara yang khas dengan sambal dabu-dabu misalnya, tidak bisa lepas dari ketergantungan bawang merah, sehingga memerlukan pasokan yang tinggi. Karena itu, Pemda Tomohon Sulawesi Utara mulai tahun ini mencanangkan program gerakan budidaya bawang merah di wilayahnya.

Berkaca dari suksesnya petani bawang merah di bebeapa sentar produksi bawang merah di Jawa Tengah, maka Pemda Tomohon melalui Dinas Pertanian mengirimkan 11 orang yang  terdiri dari Penyuluh dan Petani Integrator untuk belajar budidaya bawang merah di Jawa Tengah.

Kunjungan selama dua hari di Jawa Tengah, peserta mendapatkan materi inovasi teknologi budidaya bawang merah di BPTP Balitbangtan Jateng dari para Peneliti dan Penyuluh BPTP Balitbangtan Jateng.

Beberapa materi yang diperdalam: 1) Varietas unggul bawang merah Balitbangtan antara lain Pikatan, Pancasona, Trisula, Mentes, Karamat 1, Kramat 2, Kuning, Katumi dan Tajuk; 2) Teknik budidaya bawang merah dari umbi; 3) Teknik budidaya bawang merah dari biji (TSS); dan 4) Inovasi pascapanen bawang merah.

Pada hari ke-dua, dilakukan field trip ke sentra pengembangan bawang merah di Kab. Grobogan Jateng untuk melihat langsung proses budidaya bawang merah yang dilakukan oleh petani binaan BPTP Balitbangtan Jateng dan berdiskusi langsung dengan petani.

Peserta sangat antusias dalam belajar dan berdiskusi tahap demi tahap proses budidaya bawang merah bersama petani. Wawasan dan pengalaman yang didapatkan ini menjadi motivasi petani untuk segera merealisasikan pengembangan bawang merah di Sulawesi Utara khususnya di Kab. Tomohon.

Dalam waktu dekat ini, Pemda Tomohon akan kembali mengirim khusus tenaga Penyuluh untuk lebih mendalami dan belajar lebih komprehensif terkait dengan inovasi teknologi budidaya dan perbenihan bawang merah serta agrobisnis bawang merah.

Sumber: Imam & Heru/Balitbangtan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)