logo rilis
Bawang Merah Brebes Siap di Ekspor
Kontributor
Fatah H Sidik
12 Juni 2018, 22:45 WIB
Bawang Merah Brebes Siap di Ekspor
Dirjen Hortikultura Kementan, Suwandi (kanan), saat mengunjungi sentra bawang merah di Desa Padasugih, Kecamatan Brebes, Selasa (12/6/2018). FOTO: Ditjen Hortikultura Kementan

RILIS.ID, Brebes— Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Suwandi, menyatakan, bawang merah asal Brebes, Jawa Tengah, siap diekspor ke Thailand. Demikian dikatakannya saat mengunjungi sentra produksi di Desa Padasugih, Kecamatan Brebes, Selasa (12/6/2018).

"Kini sedang mempersiapkan ekspor ke Thailand, pada bulan Juli-Agustus," ujarnya.

Pada kesempatan sama, pengusaha bawang merah Brebes, Benny, menerangkan, pihaknya menyiapkan ekspor 2.000 ton ke Thailand 2.000. Sebab, Negeri Gajah Putih sedang tidak panen.

"Bawang merah kita bisa masuk ke Thailand pada bulan itu, karena Thailand sedang tidak panen. Harganya bagus dan bisa kompetitif dengan bawang India," katanya.

Suwandi menambahkan, kontribusi bawang merah Brebes sebesar 21 persen dari produksi nasional. Kini, sedang bersiap panen pada Juni-Agustus. "Hasilnya, mampu memasok kebutuhan kota-kota besar," jelasnya.

Sementara itu, perwakilan Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Brebes, Sodikin, mengungkapkan, luas tanam bawang merah tiap tahunnya sekitar 30 ribu-35 ribu hektare. Produksinya, 300 ribu-350 ribu ton saban tahun.

Biasanya panen raya pada Juni-Agustus. Untuk Juni 2018, panen raya mencapai 3.324 hektare dan 4.607 hektare pada Juli. "Rata-rata sehari mampu memasok 1.295 ton untuk melayani ke seluruh wilayah Indonesia," pungkasnya.


500
komentar (0)