logo rilis
Bawa Bekal, Apa sih Manfaatnya?
Kontributor
Ning Triasih
12 April 2018, 19:55 WIB
Bawa Bekal, Apa sih Manfaatnya?
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Bawa bekal itu penting. Itulah mengapa Indonesia setiap 12 April memperingati Hari Bawa Bekal Nasional.

Masalahnya, di era yang semuanya sudah serba praktis, budaya membuatkan bekal untuk anak kini seolah tak lagi dilakukan oleh kebanyakan orang tua. Alih-alih membuatkan makanan sehat untuk bekal anak ke sekolah, mereka justru lebih memilih memberikan duit jajan.

Berdasarkan hasil penelitian dari Badan Pengawas  Obat dan Makanan (BPOM) tahun 2009-2013, 99 persen anak umumnya suka jajan di sekolah.

Sementara, diketahui bahwa 59-70 persen jajanan sekolah itu kurang terjamin kebersihannya, alias tidak higienis. Itulah mengapa Hari Bawa Bekal Nasional itu ada. Gunanya yakni untuk mengedukasi supaya anak tak jajan sembarangan. Anda tentu tahu dong apa akibatnya jika anak keseringan jajan?

Membiarkan anak jajan sembarangan di sekolah sama saja Anda mengizinkan mereka menyantap makanan yang belum terjamin kualitasnya.

Sementara, dengan membawa bekal artinya Anda bertanggung jawab secara langsung dalam pemilihan dan pengolahan makanan. Anda juga dapat memastikan jika bahan-bahan makanan yang digunakan aman dan sehat.

Bisa dibilang, membawa bekal adalah salah satu langkah menuju pola hidup sehat. Tak hanya itu, Anda juga jadi lebih hemat dan yang pasti, bisa mengurangi sampah bekas makanan.

Di tengah banyaknya makanan yang tidak bisa dipastikan kebersihan dan gizinya, bekal bisa jadi solusi terbaik untuk konsumsi anak-anak.

Jadi untuk para mama, jangan lupa rutin membuatkan bekal untuk anak ke sekolah ya! Anda bisa menghias dan meracik menu bekal untuk anak semenarik mungkin.


komentar (0)