logo rilis
Basuki Tjahja Purnama 'Ahok' Berpotensi Terjun ke Politik Lagi?
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
24 Januari 2019, 13:00 WIB
Basuki Tjahja Purnama 'Ahok' Berpotensi Terjun ke Politik Lagi?
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Peneliti Pusat Penelitian Politik, LIPI, Wasisto Raharjo Jati, mengatakan, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berpotensi berkarier di politik lagi setelah hari ini resmi menghirup udara bebas.

Wasisto beralasan, Ahok selama ini memiliki citra yang baik lantaran kinerjanya dianggap berprestasi selama menjabat di DKI Jakarta.

"Saya pikir BTP ada kemungkinan untuk bisa berpolitik lagi mengingat bahwa citra dan prestasi beliau sebagai politisi yang bersih dan kerjanya bagus," katanya kepada rilis.id, Kamis (24/1/2019).

Wasisto menilai, karier politik Ahok juga akan melejit bila pasca bebasnya dari penjara langsung mendapatkan jabatan publik. Namun, menurutnya, hal itu tergantung dari jabatan publik apa yang akan diberikan kepada mantan rekan kerja Presiden Joko Widodo di DKI Jakarta tersebut.

"Tergantung dari iya tidaknya BTP ditawari posisi jabatan publik atau tidak," ujarnya.

Wasisto sendiri memprediksi Ahok akan diberikan jabatan publik oleh Presiden Jokowi. Terutama, jabatan-jabatan yang menuntut adanya transparansi di segala bidang.

"Misalnya posisi komisaris BUMN atau pejabat publik lain yang menuntut adanya transparansi," tandasnya.

Seperti diketahui, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah menjalani hukuman penjara selama dua tahun dan mendekam di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Ahok sendiri pada Mei 2017 lalu dinyatakan bersalah dan dikenai hukuman dua tahun penjara berdasarkan putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara karena kasus penodaan agama.

Ahok telah ditahan per 9 Mei 2017 dan telah mendapat remisi Natal 2017 selama 15 hari dan remisi umum 17 Agustus 2018 selama dua bulan.

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID