logo rilis

Baru Diresmikan, 85 PN Baru Ditarget Tuntaskan E-Court Tahun Ini Juga
Kontributor
RILIS.ID
21 November 2018, 09:58 WIB
Baru Diresmikan, 85 PN Baru Ditarget Tuntaskan E-Court Tahun Ini Juga
Dirjen Badilum MA RI Herry Soewantoro (kedua dari kanan) saat meninjau PN Gedongtataan, Rabu (21/11/2018). FOTO: HUMAS PN GEDONGTATAAN

RILIS.ID, Bandarlampung— Tak ada waktu bagi pihak 85 Pengadilan Negeri (PN) yang baru diresmikan Oktober 2018 untuk berleha-leha. Mahkamah Agung (MA) langsung meminta mereka bekerja dan menuntaskan pelaksanaan aplikasi e-court pada tahun ini juga.

Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum (Dirjen Badilum) MA RI, Herry Soewantoro, menegaskan hal itu saat meninjau operasional penggunaan PN Gedongtataan di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Rabu (21/11/2018) pagi.

PN Gedongtataan adalah satu dari 85 PN baru yang pada Oktober lalu diresmikan serentak oleh Ketua MA RI M Hatta Ali di Melounguane Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

”PN Gedongtataan harus segera menyusul 10 PN di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Tanjungkarang, Lampung, untuk menyukseskan target pelaksanaan aplikasi e-court,” tandas Herry yang malam nanti memberikan materi "Pentingnya E-court Bagi Peradilan Indonesia" di Hotel Novotel, Lampung.

Herry dalam kesempatan itu juga menjelaskan penting dan strategisnya keberadaan PN Gedongtataan bagi Pemkab Pesawaran dan masyarakat setempat.

"Ratusan ribu masyarakat di Pesawaran dapat lebih dekat mengakses dan mencari keadilan pada kantor PN di jantung Pesawaran. Jadi tidak lagi perlu menempuh perjalanan berpuluh-puluh kilometer ke Kalianda, Lampung Selatan," papar perintis akreditasi dan penjaminan mutu peradilan Indonesia itu.

Bupati Kabupaten Pesawaran, Dendi Ramadhona, dalam kesempatan sama menyampaikan terimakasih atas berdirinya PN Gedongtataan.

"Karenanya saya selaku Bupati Pesawaran saat ini meminjamkan gedung milik Pemda seluas 2500 meter persegi dan juga telah menghibahkan tanah seluas 1 hektare untuk pembangunan gedung PN Gedongtataan yang lebih permanen,” paparnya.

Menurut dia, semua itu dilakukan sebagai tanda bahagia atas hadirnya PN Gedongtataan karena keberadaannya lebih memudahkan masyarakat setempat dalam mengakses keadilan.

Editor: gueade


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)