logo rilis

Banyak yang Apresiasi Amin Capres, Tapi Parpol Ini Kecewa
Kontributor
Tari Oktaviani
11 Juni 2018, 16:10 WIB
Banyak yang Apresiasi Amin Capres, Tapi Parpol Ini Kecewa
Ketum PBB, Yusril Ihza Mahendra. FOTO: RILIS.ID/Armidis.

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Bidang Pemenangan Partai Bulan Bintang (PBB), Sukmo Harsono, merasa kecewa dengan langkah Amien Rais yang hendak maju sebagai calon Presiden 2019. 

Ia menilai, langkah Amien melenceng jauh dari komitmen keputusan Persaudaraan Alumni 212, di mana kala itu merekomendasikan Ketua Umumnya Yusril Ihza Mahendra.

"eliau sebagai pembinanya telah merekomendasi Pak Yusril sebagai salah satu capres atau cawapres koalisi keumatan. Tentu hal ini mengingatkan kembali PBB pada peristiwa tahun 1999 dalam sidang MPR RI," katanya, Jakarta, Senin (11/6/2018).

Ia pun mengaku, sebenarnya sudah menebak dari jauh hari terkait rencana majunya Amien Rais. Salah satunya yakni dengan sikap Amien yang selalu mengkritik Joko Widodo.

"Setelah kemenangan Mahatir di Malaysia hal ini menjadi inpirasi buat beliau jadi tidak mengejutkan kan sama sekali. Gencarnya kritik pak Amin Rais pada Pak Jokowi juga bagian dari strategi itu," paparnya.

Untuk itu, ia menyampaikan PBB pada prinsipnya bersikap netral. Ia mengatakan, apabila maju hanya karena nafsu kekuasaan semata maka hal itu sudah pasti tak didukungnya.

"PBB jelas dan tegas untuk Pemilu 2019 kepentingan umat yang diutamakan, jika capres dan cawapresnya maju dan bisa menang demi umat kami ikut, jika maju hanya karena nafsu dan egosentris partai tanpa berpikir elektibitasnya rendah maka PBB akan ambil opsi netral," tegasnya.

Sebelumnya, mantan Ketua Umum PAN Amien Rais dalam acara buka bersama di kediaman Ketua MPR Zulkifli Hasan melontarkan keinginannya untuk nyapres di 2019 nanti.

"Nah Mbah Amien Rais ini walaupun tua ya nggak apa-apa. Begitu Mahathir jadi, saya jadi remaja lagi sekarang. Biarlah nanti rakyat yang buat penilaian," ujar Amien di kediaman Ketum PAN, Zulkifli Hasan.

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)