logo rilis
Banyak Perbedaan dari Hasil C1, KPU Akui Salah Entri Data
Kontributor
Nailin In Saroh
19 April 2019, 22:22 WIB
Banyak Perbedaan dari Hasil C1, KPU Akui Salah Entri Data
ILUSTRASI: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Komisioner KPU, Pramono U Tanthowi mengakui adanya kesalahan entri data pada saat rekapitulasi suara dilakukan. Sehingga ada perbedaan antara C1 Plano dengan di web KPU. 

Namun, Pramono mengklaim, unggahan di media sosial yang menampilkan salah entri itu merupakan bentuk transparansi KPU kepada masyarakat.

“Itulah bentuk transparansi KPU dalam melakukan penghitungan dan rekapitulasi. Kita publikasi. Biar semua orang bisa lihat,” ujar Pramono, Jumat, (19/4/2019).

Kedepan, kata dia, KPU akan melakukan perbaikan data yang salah entri. “Kalau ada yang salah tulis atau salah entry, maka bisa dikoreksi, bisa diperbaiki. Trims atas infonya. Salam,” kata dia. 

Diketahui, entri data di website Komisi Pemilihan Umum (KPU) diduga banyak kesalahan. Data yang diinput juga dianggap ngawur. Warganet pun ramai-ramai ‘menguliti’ KPU dengan mengunggah perbedaan data C1 Plano dengan yang ada di web KPU.

Hasilnya, banyak data yang salah. Misalnya, di TPS 093 Bidara Cina, Jakarta Timur. Di C1 Plano, Jokowi mendapatkan 47 suara, sedangkan Prabowo meraih 162. Tapi di web KPU, Jokowi justru mendapatkan suara 180, sementara Prabowo 56 suara.

Begitupun di TPS 06, kota Masohi, Maluku. Di C1 Plano, Jokowi dapat 48 suara, Prabowo 99. Tapi di web KPU, Jokowi meraih 149, lalu Prabowo hanya 5 suara. Masih banyak lagi data yang salah.

Editor: Sukma Alam




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID