logo rilis

Banyak Legislator Mangkir, Kinerja DPRD Tangsel Disorot
Kontributor
Doni Marhendro TN
12 Maret 2019, 18:58 WIB
Banyak Legislator Mangkir, Kinerja DPRD Tangsel Disorot
Suasana rapat paripurna DPRD Tangsel. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Tangerang Selatan— Kinerja anggota DPRD Tangerang Selatan (Tangsel) kembali menjadi sorotan. Ini menyusul banyaknya legislator yang absen pada rapat paripurna penyampaian laporan hasil reses tahun anggaran 2019, Senin (11/3/2019) lalu.

Penelusuran Rilis.id, dari 50 anggota DPRD Tangsel, sebanyak 21 wakil rakyat mangkir pada rapat paripurna tanpa alasan jelas.

Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Zaki Mubarak menilai absennya anggota dewan menunjukkan tingkat pertanggungjawaban mereka terhadap masyarakat yang diwakili sangat rendah.

“Ya ketidakhadirannya sangat disesalkan, bagaimanapun reses anggota dewan melibatkan anggaran negara. Banyaknya anggota dewan yang tidak hadir menunjukkan bahwa tingkat pertanggungjawaban mereka rendah. Ini perlu menjadi catatan bagi publik," katanya, Selasa (12/3/2019).

Ketidakhadiran wakil rakyat dalam paripurna, lanjut Zaki, patut dipertanyakan oleh masyarakat. Karena menurutnya, semua hal terkait penggunaan anggaran negara harus dipertanggungjawabkan.

“Apakah penggunaan dana sudah benar, apakah reses betul-betul untuk dimanfaatkan menyerap dan mendengarkan aspirasi publik? Atau justru untuk kepentingan lain yang tidak ada kaitan dengan fungsi dan peran sebagai anggota DPRD," tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Badan Kehormatan DPRD Tangsel Gacho Sunarso berjanji akan memberi sanksi terhadap legislator yang tidak hadir dalam rapat paripurna.

Menurut Gacho, mangkirnya sebagian wakil rakyat diakuinya tidak kali ini saja. Anggota dewan kerap kali ditemui tidak menghadiri dalam rapat paripurna lainnya.

“Itu salah satu tugas saya sebagai badan kehormatan. Karena saya punya data tingkat kehadiran, biasanya kalau sudah seperti itu tidak hadir dan jarang absen kita panggil dan kita kasih surat teguran," katanya.

Terkait pemberian sanksi, Gacho menegaskan akan memberi teguran melalui fraksi masing-masing.

“Ya akan BK tegur melalui fraksinya," ujarnya. (*)

Editor: Segan Simanjuntak




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID