Home » Peristiwa » Dunia

Bangun Infrastruktur Myanmar, PM Jepang Tawarkan Bantuan US$1,3 Miliar

print this page Rabu, 15/11/2017 | 12:58

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. FOTO: SCMP

RILIS.ID, Tokyo— Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berjanji akan memberikan bantuan dana sebesar US$1,3 miliar kepada Myanmar.

Hal itu disampaikan Abe Saat bertemu dengan Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi di sela acara KTT ASEAN, Filipina, Selasa (14/11).

Dilansir Antara, peminjaman itu digunakan untuk mendanai proyek, termasuk infrastruktur dan pembiayaan usaha kecil yang dimaksudkan untuk membantu meningkatkan pendapatan pedesaan.

Namun bantuan yang diberikan Abe, menuai kecaman keras dari kelompok hak asasi manusia, Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan negara-negara lain atas operasi militer Myanmar.

Sebelumnya, lebih dari 600 ribu warga Rohingya melarikan diri ke Bangladesh pada Agustus lalu, dan sekarang mereka tinggal mengungsi di kamp Bangladesh untuk menghindari kekerasan yang dilakukan militer Myanmar.

PBB mengatakan militer Myanmar terlibat dalam penghapusan warga Rohingya. Bahkan wanita Rohingya mengalami kekerasan seksual.

"Kekerasan seksual diperintahkan, diatur dan dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Myanmar," ujar Pejabat Senior PBB Pramila Patten dilansir reuters, Selasa (14/11/2017).

Patten menambahkan, apa yang dilakukan militer Myanmar merupakan penghapusan etnis Rohingya secara berencana.

"Perkosaan adalah tindakan dan senjata genosida."

Patten mengatakan, sejak masuknya pengungsi Rohingya pertama ke Bangladesh pada Agustus lalu, para spesialis kekerasan berbasis gender telah mengirimkan layanan kepada 1.644 korban kekerasan seksual.

Penulis Sukma Alam
Sumber Antara

Tags:

Shinzo AbeMyanmarAung San Suu Kyi

loading...