Home » Bisnis

Bandara Antarbangsa Kertajati Bisa Sedot Penumpang dari Jawa Tengah

print this page Selasa, 14/11/2017 | 14:30

Progres pembangunan Bandara BIJB di Kertajati, Majalengka. FOTO: RILIS.ID/Arman Putra

RILIS.ID, Bandung— Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka mempunyai daya tawar tinggi di tengah bandara-bandara berpengalaman seperti Husein Sastranegara Bandung, Halim Perdana Kusuma dan Soekarno Hatta.

Direktur Utama BIJB Virda Dimas Eka Putra menjelaskan, Bandara Kertajati yang dibangun dengan potensi penerbangan konektivitas sister city, bandara ramah halal traveler, dan bandara edukasi, mampu mengakomodir kebutuhan layanan penerbangan Jabar. Bahkan, kawasan Barat di Jawa Tengah berpotensi kuat menggunakan layanan penerbangan BIJB.

"Kita punya keunggulan, kita di provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia. Provinsi yang jumlah penduduknya 10 juta saja pede punya bandara, penumpangnya aja dua juta," ungkap Virda di area pembangunan BIJB Kertajati Kabupaten Majalengka, Selasa (14/11/2017).

Untuk memperkuat itu, aksesibilitas dari segala arah untuk BIJB saat ini menjadi fokus pengerjaan yaitu dari jalur tol dan nontol Jalan Kertajati. Untuk mengalihkan konsumen dari Bandung, menurut Virda, akses tempuh dipastikan terlayani dengan optimal.

"Waktu tempuh menjadi kepedulian dengan adanya Cipali mungkin Bekasi, dan Karawang. Sudah mengkaver wilayah utara Jabar. Bagaimana dengan Bandung? Tentu terkover," katanya.

Mengenai kemajuan  pengerjaan fisik, sampai per tanggal 5 November 2017, mencapai 67,3557 persen. Progres tersebut merupakan akumulasi dari proses pengerjaan tiga paket proyek pembangunan. Di antaranya, pengerjaan infrastruktur jalan, drainase, lansekap dan ramp simpang susun oleh PT Adhi Karya mencapai sekira 98 persen. 

Penulis Arman Putra
Editor Yayat R Cipasang

Tags:

bijbbandara kertajatibandungmajalengka

loading...