logo rilis
Bamsoet Yakin Perry Warjiyo Kuatkan Kurs Rupiah
Kontributor

24 Mei 2018, 23:58 WIB
Bamsoet Yakin Perry Warjiyo Kuatkan Kurs Rupiah
Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo. FOTO: RILIS.ID/Intan Nirmala Sari

RILIS.ID, Jakarta— Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, optimistis, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dapat menguatkan kembali kurs rupiah. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat mengalami keterpurukan dalam sebulan terakhir hingga Rp14.200.

"Perry Warjiyo memiliki pengalaman panjang di bidang moneter dan memiliki relasi internasional yang baik," ujarnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (24/5/2018). Perry lama berkarir di bank sentral.

Meski begitu, Bamsoet, sapaannya, menilai, Perry harus segera melakukan akselerasi. Tujuannya, menguatkan dan menjaga stabilitas kurs rupiah. "Perry Warjiyo harus segera mengambil langkah konkret dan terukur," katanya.

Politisi Partai Golkar ini, juga meminta BI menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di tengah gejolak perekonomina global. "Meskipun ada tanda-tanda positif, yakni meningkatnya volume perdagangan dunia dan harga komoditas, tapi tetap harus diwaspadai berbagai kemungkinan yang dapat terjadi," jelasnya.

"Pemerintah sudah mematok pertumbuhan ekonomi 2018 sebesar 5,4 persen, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi global. Sehingga, perlu dilakukan berbagai langkah cermat untuk merealisasikannya," imbuhnya mengingatkan.

Untuk jangka pendek, BI diharapkan dapat mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat terhadap pecahan uang rupiah baru menjelang Idul Fitri.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)