logo rilis
Bamsoet Singgung Sikap Politik Masyarakat
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
07 Mei 2018, 17:37 WIB
Bamsoet Singgung Sikap Politik Masyarakat
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, mengimbau masyarakat Indonesia lebih dewasa dalam berpolitik dan dapat menjaga persatuan bangsa, meskipun memiliki pilihan politik yang berbeda pada pemilu 2019.

"Masyarakat Indonesia, terutama pendukung capres dan cawapres, untuk bersikap dewasa, elegan, dan menjaga persatuan bangsa," kata Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta pada Senin (7/5/2018).

Bamsoet, sapaan akrabnya mengatakan, hal itu menanggapi situasi politik nasional yang semakin memanas menghadapi pemilu legislatif dan pemilihan presiden 2019.

Menurutnya, pilihan politik terhadap capres A, capres B, atau capres lainnya, adalah peristiwa demokrasi, yakni proses politik untuk menentukan pemimpin negara selama lima tahun ke depan.

"Peristiwa demokrasi yang diselenggarakan secara rutin setiap lima tahun ini, jangan sampai merusak persatuan bangsa yang sudah dibangun sejak lama, dan bahkan sejak sebelum Indonesia merdeka," katanya.

Politisi Partai Golkar ini mengingatkan pendukung capres dan cawapres untuk dapat bersikap dewasa dalam menentukan pilihan politiknya.

Kalau ada kelompok yang memiliki pilihan politik capres A dan ada kelompok lain memiliki pilihan politik capres B, menurut dia, hendaknya saling menghargai dan tidak perlu saling mencemooh, menjelekkan, atau memaksa, karena dapat berpotensi terjadi perpecahan di tengah bangsa Indonesia.

"Pendukung capres dan cawapres, harus dapat saling menahan diri dan tidak merugikan pihak lainnya," katanya.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)