logo rilis

Bamsoet: Atasi Kendala Distribusi Bantuan Gempa Lombok
Kontributor
Kurnia Syahdan
13 Agustus 2018, 19:44 WIB
Bamsoet: Atasi Kendala Distribusi Bantuan Gempa Lombok
Korban gempa di Lombok, NTB. FOTO: Instagram

RILIS.ID, Jakarta— Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Pemerintah untuk mengatasi kendala pendistribusian bantuan bagi pengungsi korban bencana gempa bumi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, khususnya warga yang berada di perbukitan.

"Harus ada koordinasi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mengatasi pendistribusian bantuan bagi para pengungsi di daerah perbukitan di Lombok Utara," kata Bambang Soesatyo, di Jakarta, Senin (13/8/2018).

Menurut Bambang Soesatyo, pengungsi yang merupakan korban bencana gempa bumi di Lombok Utara, terutama di Kecamatan Gangga, Kayangan dan Pemenang, masih terkendala kondisi alam yang berbukit-bukit.

Bamsoet mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) dan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), harus berkoordinasi agar bantuan kepada pengungsi di perbukitan di Lombok Utara dapat diberikan dengan lancar.

"Sebaiknya, perangkat desa setempat diberdayakan guna mengetahui kebutuhan secara rinci dari setiap posko pengungsian, agar penyaluran bantuan dapat tepat sasaran," katanya.

Politikus Partai Golkar itu juga mendorong Kemensos meningkatkan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan TNI untuk mendorong distribusi bantuan sampai ke daerah terpencil. 
Bamsoet juga mengingatkan, agar Kemensos dan BPBD Provinsi NTB memperbanyak adanya dapur umum untuk konsumsi para pengungsi.

Pulau Lombok beberapa kali diguncang gempa berkuatan besar yakni 7,0 skala richter dan 6,4 skala richter.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)