logo rilis
Balitbangtan Sukses Rilis 19 Varietas Tanaman Perkebunan 
Kontributor
Elvi R
16 Mei 2018, 10:50 WIB
Balitbangtan Sukses Rilis 19 Varietas Tanaman Perkebunan 
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Bertempat di Hotel Savero, Depok telah dilakukan sidang penilaian dan  pelepasan varietas tanaman perkebunan. Sebanyak lima komoditi yaitu kapas, aren, kelapa sawit, tebu dan tembakau diajukan untuk dinilai oleh tim penilai sebanyak 18 orang dengan latarbelakang kepakaran terkait dan mewakili  komoditi utama perkebunan.
  
Balitbangtan melalui Balit Palma mengajukan calon varietas Aren asal Kabupaten Lebak hasil  kerja sama dengan Pemda Provinsi Banten sejak 2014. Balittas mengajukan tiga calon varietas hasil pemuliaan kapas dengan karakter spesifik serat warna coklat. Selain itu juga diajukan 7 calon varietas Mole asal Garut dan 9 calon varietas tembakau Mole Putih asal Majalengka dan Mole Merah asal Sumedang Jawa Barat.  

Dalam sidang yang berlangsung dari siang sampai malam tersebut, telah disetujui dilepasnya tiga varietas kapas warna coklat, 2 varietas kelapa sawit, 2 varietas tebu, 11 varietas tembakau dan 1 varietas aren. Sebanyak 15 varietas dari 19 varietas yang disetujui dilepas merupakan usulan dari Balitbangtan,  Kementan. Masing-masing varietas memiliki keunggulan baik produksi, umur mulai berproduksi maupun karakter spesifik. Khusus untuk komoditi tembakau, memiliki keunggulan ketahanan  terhadap hama dan penyakit penting dan kespesifikan lokasi tumbuh. 

Semoga varietas-varietas unggul yang telah dirilis pada semester 1 2018 ini dapat dimanfaatkan  pada program pengembangan tanaman  perkebunan yang terus didorong saat ini.

Sumber: Ismail Maskromo/Balitbangtan


500
komentar (0)