logo rilis
Balitbangtan Gandeng FAO Selenggarakan Bimbingan Teknis Internasional DOI 
Kontributor
Elvi R
24 April 2018, 13:36 WIB
Balitbangtan Gandeng FAO Selenggarakan Bimbingan Teknis Internasional DOI 
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Balitbangtan bekerja sama dengan FAO pada hari senin, 23 April 2018 menyelenggarakan bimbingan teknis the International Training on Software Testing to Support DOI Implementation. Dalam acara tersebut turut mengundang peserta beberapa negara Asia dan Afrika Filipina, Malaysia, India, Bhutan dan Zambia serta beberapa peserta dari UPT Balitbangtan. Acara tersebut juga dihadiri Deputi Ilmu Hayati-LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati. 

Bimbingan Teknis Internasional DOI dibuka oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang diwakili oleh Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen), Ir. Mastur, M.Si., Ph.D.

Dalam pembukaannya, Ir. Mastur menuturkan tentang keberhasilan program Upsus yang selama tiga tahun mencapai swasembada padi, meskipun terjadi gangguan kekeringan El-Nino. Dia pun mengatakan, kegiatan pelatihan DOI ini sangat penting untuk mendukung pengembangan Bank Gen dan pemanfaatannya baik untuk konservasi, mendorong pemuliaan, serta pemanfaatan SDG langsung. 

Setelah acara pembukaan disajikan materi dari Dr Sabran mantan Ketua ITPGRFA dan Deputi Ilmu Hayati LIPI. Dalam presentasinya Dr Sabran juga menyinggung salah satu aspek penting dalam pemanfaatan SDG secara multilateral yaitu acces benefit sharing. Setelah presentasi dan diskusi dilakukan kunjungan ke bank gen Balitbangtan. 

Saat kunjungan ke bank gen Balitbangtan, Deputi Ilmu Hayati LIPI terkesan dengan koleksi dan infrastruktur bank gen. "Kita harus saling bersinergi agar koleksi sumber daya genetik pertanian tetap terjaga melalui pelestarian apalagi dengan adanya sistem DOI ini.  Sistem ini sangat memudahkan" ujar Prof. Dr. Enny Sudarmonowati. Kegiatan  training DOI ini adalah salah satu bentuk dukungan untuk menjaga kelestarian dan mendukung pemanfaatan sumber daya genetik pertanian.

Pada akhirnya  pengembangan bank gen termasuk penerapan DOI ini tidak lain untuk mendukung kemajuan pertanian Indonesia.  "Jayalah pertanian Indonesia!" tegas Prof. Dr. Enny Sudarmonowati dan Ir. Mastur, M.Si., Ph.D.

Sumber: Balitbangtan


500
komentar (0)