logo rilis

Bahaya! Jangan Keseringan Makan Bagian Tubuh Ayam Ini
Kontributor
Ning Triasih
27 Desember 2018, 20:31 WIB
Bahaya! Jangan Keseringan Makan Bagian Tubuh Ayam Ini
Ayam goreng. FOTO: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Daging ayam bisa dibilang menjadi makanan favorit semua kalangan. Selain rasanya nikmat dan bersahabat di kantong, daging ayam juga memiliki kandungan yang baik untuk menutrisi tubuh.

Namun, tak semua bagian tubuh ayam aman dikonsumsi secara berlebihan karena mengandung racun, banyak lemak dan zat berbahaya. Dilansir Scmp, berikut bagian tubuh ayam yang berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering.

Kulit

Kulit ayam bisa dibilang jadi favorit masyarakat Indonesia. Tak dipungkiri, rasanya memang cukup gurih jika dibandingkan dagingnya. Namun, di balik gurihnya kulit ayam, bagian ini ternyata mengandung antibiotik, hormon dan toksin yang larut dalam lemak kulit. Jika Anda keseringan mengonsumsinya, bisa menimbulkan obesitas dan meningkatkan kolesterol.

Sayap

Seperti dilansir dari laman Telegraph, sayap ayam merupakan bagian yang paling banyak terkontaminasi obat-obatan. Akibatnya, obat-obatan yang terserap melalui ayam bisa mematikan berbagai nutrisi daging hingga menimbulkan risiko kanker bagi yang mengonsumsinya.

Leher

Pada bagain leher ayam terdapat banyak pembuluh darah serta kelenjar getah bening. Organ ini dihinggapi banyak bakteri dan kuman penyakit sehingga bisa berisiko menyebar ke dalam tubuh seseorang yang mengonsumsinya.

Kepala

Kepala ayam banyak mengandung bahan kimia yang membahayan tubuh. Hal ini terjadi lantaran kebanyakan peternak sering memberikan obat atau vaksin penangkal bakteri yang kemudian tersimpan di dalam kepala terutama otak. Jika dikonsumsi terlalu sering, bisa membahayakan kesehatan Anda.

Hati dan ampela

Jeroan khususnya bagian hati dan ampela cukup banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tapi, Anda sebaiknya jangan terlalu sering menyantap bagian ini. Pasalnya, organ ini bekerja menetralisisr racun yang masuk ke dalam tubuh ayam. Meski telah diolah jadi santapan lezat, sisa racun bisa saja tertinggal sehingga dapat menimbulkan kolesterol, penyakit jantung, hingga kanker.

Pantat

Nagian pantat atau yang sering disebut dengan brutu juga cukup berbahaya karena mengandung banyak lemak. Bagian pantat ayam juga mengandung banyak kelenjar getah bening yang dapat menimbulkan kanker jika dikonsumsi keseringan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)