logo rilis
Bagi Wanita, Mau Tingkatkan Gairah Seks? Coba Olahraga Ini
Kontributor
Ibrahim
01 Mei 2018, 20:14 WIB
Bagi Wanita, Mau Tingkatkan Gairah Seks? Coba Olahraga Ini

RILIS.ID, Jakarta— Olahraga merupakan bagian penting dari gaya hidup yang sehat, termasuk juga dengan menjaga vitalitas area intim. Bagi wanita, olahraga satu ini bisa membantu membangkitkan kehidupan seksual dan kesuburan, serta mengembalikan keelastisan usai melahirkan.

Perlu diketahui, wanita yang memiliki dasar panggul yang kuat berisiko lebih rendah mengalami inkontinensia. Kehidupan pasca melahirkan juga akan sedikit lebih mudah.

Nah, latihan otot dasar panggul ternyata dapat menghindarkan organ internal wanita mengalami prolaps, sesuatu yang bisa terjadi usai melahirkan. Hal itu diungkapkan dalam sebuah studi yang diketuai Profesor Suzanne Hagen dan dipublikasikan di The Lancet.

Studi tersebut mengidentifikasi seberapa bermanfaat olahraga dasar panggul dalam mencegah prolaps. Melibatkan 414 wanita di Inggris dan Selandia Baru, mereka menemukan bahwa wanita yang diberikan kelas latihan dasar panggul mengalami gejala prolaps lebih sedikit.

Kemudian, selama rentang dua tahun, proporsi yang lebih tinggi lagi (14,5 persen dibandingkan 6 persen) dari wanita yang tidak mendapatkan latihan ini. Harus juga menjalani perawatan prolaps, yang meliputi operasi, fisioterapi dan konsultasi dokter.

Para peneliti mengatakan para wanita harus diberi tahu untuk melakukan latihan otot dasar panggul secara rutin, bahkan sebelum gejala prolaps muncul.

"Mengetahui bahwa latihan ini merupakan saran gaya hidup yang bisa membantu menghindari gejala di masa datang, akan membuat wanita menjadi proaktif mengenai menjaga kesehatan dasar panggul mereka," ujar Hagen dilansir dari laman The Sun.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)