logo rilis
Bagaimana Cara Menyajikan Susu Formula yang Benar? Intip di Sini..
Kontributor
Tari Oktaviani
13 Januari 2020, 15:45 WIB
Bagaimana Cara Menyajikan Susu Formula yang Benar? Intip di Sini..
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— ASI merupakan air susu yang paling baik untuk bayi. Susu formula ataupun susu pertumbuhan kemasan pun tidak sempurna menggantikan ASI. Namun apabila ada kesulitan dalam memberikan ASI maka bukan berarti susu formula menjadi haram.

Susu formula pun banyak kandungan yang bermanfaat. Namun perlu dieprhatikan kebersihan dan cara penyajiannya dengan seksama karena jika salah maka fatal akibatnya. 

Baca Juga

Penyajian susu formula umumya sangat mudah. Terlebih adanya keterangan cara penyajian pada kardus atau kaleng kemasan susu formula. Namun kerap kali masih ada orang tua yang menyajikannya dengan cara yang kurang tepat.

Untuk membuat susu formula baiknya tidak menggunakan seluruh air panas. Hal ini untuk menghindari lidah bayi yang melepuh karena meminum air susu yang terlalu panas. Di jaman saat ini, susu formula pun sebetulnya sudah berinovasi sehingga bubuknya mudah larut walau bukan di air panas. 

Ada baiknya seduh susu dengan air suam suam kuku. Dengan kata lain perbandingan (air panas) 70:30 (air matang biasa). Dengan air yang tidak terlalu panas juga membuat bayi nyaman untuk meminum susunya. 

Selain itu kesalahan orang tua umumnya menaruh bubuk susunya terlebih dahulu. Hal ini dapat mengubah takaran ml air jika sudah ada bubuk susu di dalamnya. Oleh karena itu baiknya tuangkan dulu airnya baru kemudian bubuk susunya.

Setiap sendok bubuk susu biasanya memiliki takaran yang sama. Untuk sendok kecil memiliki takaran 30 ml sedangkan untuk sendok yang besar memiliki takaran 60 ml. Sehingga misal untuk membuat susu dengan larutan air 120 ml maka perlu 4 sendok bubuk susu takaran 30 ml atau 2 sendok bubuk susu takaran 60 ml.

Hal penting lainnya yakni jangan biarkan susu formula yang sudah diseduh didiamkan terlalu lama di suhu ruang. Hal ini menghindari bakteri yang masuk ke dalam botol susu. Oleh karenanya jika belum diminum maka anda bisa masukan susu formula yang sudah diseduh ke dalam kulkas. 

Selain itu segera buang sisa susu formula jika sudah diminum. Tentu hal ini penting sebab susu yang sudah diminum jika didiamkan terlalu lama maka akan mengandung bakteri yang berbahaya bagi si kecil.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID