logo rilis
Badan Pegal saat Mudik, Coba Lakukan Peregangan Ringan Ini
Kontributor
Ning Triasih
11 Juni 2018, 15:04 WIB
Badan Pegal saat Mudik, Coba Lakukan Peregangan Ringan Ini
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Mudik, apalagi perjalanan jauh kerap membuat badan pegal-pegal. Hal itu lantaran pemudik harus duduk berjam-jam, belum lagi terjebak macet.

Tenang, saat macet berjam-jam dan tak bisa bergerak hingga membuat badan pegal, salah satunya adalah dengan melakukan peregangan otot ringan.

Berikut beberapa peregangan ringan yang bisa Anda lakukan saat badan pegal dalam perjalanan mudik:

Leher

Saat duduk berjam-jam dalam perjalanan mudik, bukan pantat saja yang pegal, tapi juga leher. Untuk mengatasinya, lakukan peregangan ringan  dengan memiringkan leher ke kanan dan ke kiri, tahan selama 10 detik. Ulangi beberapa kali sampai Anda merasa lebih ringan.

Lengan

Terlebih bagi Anda yang mengemudikan kendaraan pribadi, menyetir dalam jangka waktu lama tentu akan membuat lengan dan sekitar bahu menjadi tegang dan terasa pegal. Karena itu, luangkan waktu sejenak untuk melakukan peregangan ringan, yakni dengan cara taruh tangan kiri ke atas pundak sebelah kanan. Pegang siku kiri dengan tangan kanan kemudian dorong perlahan siku ke arah pundak kanan. Tahan selama 5 detik, lakukan hal serupa untuk siku sebelah kanan.

Bahu

Untuk menghilangkan pegal pada bahu atau pundak, Anda cukup duduk tegak kemudian dorong bahu ke atas sampai mendekati telinga, tahan 3-5 detik lalu turunkan ke posisi semula. Ulangi gerakan ini 2-3 kali, atau lebih dari 3 kali jika Anda sering merasa pegal di bagian bahu atau pundak.

Bahu, punggung dan leher

Untuk mengurangi rasa pegal pada bahu, punggung dan leher sekaligus, Anda bisa melakukan peregangan otot dengan caranya duduk tegak, rekatkan jari jemari sembari mengangkat kedua tangan lurus ke atas. Setelah itu, miringkan ke kiri atau kanan secara perlahan.


500
komentar (0)