logo rilis
Badan Informasi Geospasial Gandeng ITB untuk Memetakan Lahan Sawah
Kontributor

08 Juli 2018, 21:30 WIB
Badan Informasi Geospasial Gandeng ITB untuk Memetakan Lahan Sawah
Badan Informasi geospasial melakukan pemetaann sawah bersama ITB. FOTO: itb

RILIS.ID, Bandung— Badan Informasi Geospasial (BIG) menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk pemanfaatan informasi geospasial. Program kerja yang mendesak, BIG akan memetakan dan memverifikasi luas sawah di Indonesia.

"Pemerintah saat ini sedang menghitung kebutuhan produksi beras di Indonesia, maka hal mendesak yang perlu dilakukan yaitu verifikasi luas bahan baku sawah," kata Kepala BIG Hasanuddin seusai meneken kerja sama dengan Rektor ITB Kadarsah Suryadi di Bandung seperti dikutip rilis.id dari laman ITB, Minggu (8/7/2018).

 “Luas bahan baku sawah ini bisa didapat dari pemetaan, sehingga dapat diketahui berapa jumlah yang bisa diekspor maupun impor, termasuk subdisi pupuk dan lain sebagainya,” tambah guru besar ITB ini.

Kadarsah merasa senang dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan BIG kepada ITB. “Kami siap berkolaborasi dengan BIG untuk kepentingan bangsa dan negara. Banyaknya data tentunya juga sangat penting bagi penelitian-penelitian kami di ITB,” tutur Kadarsah. 

Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerjasama BIG, Wiwin Ambarwulan membenarkan dalam waktu dekat BIG sedang mendapatkan tugas mengenai pemetaan lahan baku sawah. Untuk verifikasi pemetaan itu, nanti BIG akan melibatkan ITB. 

"Selain itu, BIG juga mempunyai banyak informasi yang bisa disusun bareng untuk keperluan riset maupun penulisan di jurnal internasional," katanya.

Perjanjian sendiri lingkupnya antara lain mecakup penyelenggaraan informasi dan berbagi pakai data dan informasi mengenai geospasial, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang informasi geospasial, pengembangan simpul jaringan dan diseminasi informasi di bidang informasi geospasial, dan kegiatan lainnya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID