logo rilis
Ba'asyir Tak Teken Setia pada Pancasila, Menhan: Keluar Saja dari Indonesia
Kontributor
Zulyahmin
22 Januari 2019, 13:00 WIB
Ba'asyir Tak Teken Setia pada Pancasila, Menhan: Keluar Saja dari Indonesia
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, menyoroti terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir yang enggan menandatangani ikrar setia pada Pancasila.

Menurut Ryamizard, kesetiaan kepada Pancasila adalah syarat wajib bagi siapapun yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), termasuk Ba'asyir.

Penandatanganan kesetiaan kepada Pancasila adalah salah satu syarat yang diminta pemerintah dalam upaya pembebasan Ba'asyir.

"Ini negara Pancasila. Kalau enggak Pancasila ya keluar saja dari sini," kata Ryamizard usai menerima para atase pertahanan negara sahabat di kantornya, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu menegaskan, Pancasila adalah ideologi dan pandangan hidup bagi seluruh rakyat Indonesia. Menurutnya, Pancasila juga yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia.

"Kalau enggak Pancasila ya numpang namanya di sini. Kalau numpang jangan lama-lama. Rugi negara," tegasnya.

"Kita sudah Sumpah Pemuda ya. Sumpah pada Tuhan. Jangan main-main. Kita sudah sepakat berbangsa dan bernegara Indonesia," lanjut Ryamizard.

Ryamizard mempersilakan kepada siapapun yang tak menerima Pancasila sebagai dasar negara untuk keluar dari Indonesia. Termasuk, yang menginginkan berdirinya negara khilafah.

"Enggak ada itu negara khilafah-khilafahan. Mau khilafah ya di negara lain saja. Ini Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegasnya.

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID