logo rilis
Ayah Zumi Zola Digarap KPK
Kontributor
Tari Oktaviani
25 Mei 2018, 10:38 WIB
Ayah Zumi Zola Digarap KPK
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafiz Faza.

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tampaknya serius menelisik peran keluarga  Gubernur Jambi nonaktif, Zumi Zola. Kini, giliran sang ayah Zulkifli Nurdin yang dipanggil penyidik sebagai saksi dalam kasus dugaan gratifikasi yang menyeret anaknya itu.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Zulkifli menjadi saksi untuk sang anak dan mantan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jambi Arfan, yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. 

"Saksi Zulkifli Nurdin diperiksa untuk tersangka ZZ (Zumi Zola) dan ARN (Arfan)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Jumat (25/5/2018).

Diketahui Zulkifli adalah mantan Gubernur Jambi selama dua periode sebelum Zumi. Untuk itu ia diduga mengetahui banyak terkait sejumlah proyek yang diurus Zumi.

Tak hanya sang ayah, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Zumi Zola. Zumi sedianya akan diperiksa sebagai saksi Arfan.

KPK dalam beberapa hari belakangan ini terus memeriksa keluarga Zumi. Pemeriksaan secara berturut-turut dilakukan terhadap istri Zumi, Sherin Taria; ibunya, Hermina; dan adiknya, Zumi Laza. Penyidik KPK mencecar kepemilikan aset dan dugaan gratifikasi Zumi.

Diketahui Zumi dan Arfan ditetapkan sebagai tersangka penerima gratifikasi proyek-proyek di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi sejumlah Rp6 miliar. Uang itu dikumpulkan dari seorang kontraktor.

Uang tersebut yang kemudian digunakan sebagai 'uang ketok palu' untuk anggota DPRD Jambi agar mengesahkan rancangan APBD Jambi tahun anggaran 2018. Zumi sendiri telah ditahan di Rumah Tahanan KPK sejak bulan lalu. 

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)