logo rilis

Awasi Suap, KPK-Kemenkumham Bentuk Tim Pencegahan di Lapas 
Kontributor

25 Juli 2018, 20:34 WIB
Awasi Suap, KPK-Kemenkumham Bentuk Tim Pencegahan di Lapas 
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementeriaan Hukum dan HAM (Kemenkumham), Sri Puguh Budi Utami menyambangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (25/7/2018).

Kedatangannya kali ini membahas evaluasi penjagaan lapas pasca adanya operasi tangkap tangan di Lapas Sukamiskin.

Juri Bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan nantinya KPK dan Kemenkumham akan membentuk tim pencegahan yang khusus mengawasi operasi suap di Lapas.

"KPK memahami bahwa kondisi Lapas yang memprihatinkan tersebut perlu dibenahi bersama. Melalui tugas Pencegahan KPK, kami lakukan koordinasi antara Deputi Bidang Pencegahan dan tim serta Dirjen PAS di KPK. Selain itu KPK berencana membentuk tim di Kedeputian Bidang Pencegahan," kata Febri, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Febri menyampaikan, pihaknya juga meminta ‎agar Dirjen Pemasyarakatan melakukan perbaikan menyeluruh terhadap tata kelola lapas dan rutan. 
Sebab, lanjut Febri, KPK sendiri menemukan adanya dugaan penyimpangan di sejumlah lapas kepada Ditjen PAS pada tahun 2010.

"Ditjen PAS pun mengatakan sudah mempunyai Program revitalisasi lapas dan rutan dan saat ini sudah berjalan," jelasnya.

Ia berharap, Kemenkumham serius melakukan perbaikan dengan jangka waktu panjang. 

"Kami berharap upaya perbaikan dilakukan secara konsisten dan terus menerus. Atau tidak hanya bersifat reaktif dan insidential saja karena bahkan KPK sebelumnya pernah melakukan kajian, paparan hingga menyurati Presiden terkait perbaikan Lapas tersebut," tutupnya.

Pada Sabtu, 21 Juli 2018 lalu, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Kepala Lapas Sukamiskin, Wahid Husein. 

Pada OTT kali ini, KPK berhasil mengamankan uang sebanyak Rp279.920.000, USD1.410, dua unit mobil yang diduga merupakan hasil suap. 
 

Editor:




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID