logo rilis

Awasi BUMD, DPRD Minta Pemprov Jatim Tiru Kebijakan Ahok
Kontributor
Budi Prasetyo
08 November 2018, 11:37 WIB
Awasi BUMD, DPRD Minta Pemprov Jatim Tiru Kebijakan Ahok
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Surabaya— Pemerintah Provinsi Jawa Timur disarankan mengikuti kebijakan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang membentuk badan pengawasan yang memantau kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Anggota komisi C DPRD Jatim Sri Untari menegaskan, keberadaan badan pengawas khusus menangani BUMD milik Pemprov Jatim sangat diperlukan. Mengingat, tugas Biro Perekonomian sejatinya bukan hanya menangani BUMD sehingga pembinaan dan pengawasan yang dilakukan menjadi kurag maksimal.

"Pemprov DKI Jakarta waktu dipimpin Ahok sudah membentuk badan khusus seperti itu, jadi tidak ada salahnya jika Jatim mengadopsi karena tujuannya juga sangat baik yaitu mengotimalkan kinerja BUMD-BUMD,” terang ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini, Kamis (8/11/2018).

Khusus terkait kasus dugaan penyimpangan di PT Jamkrida Jatim, kata Untari pihaknya mendorong supaya dilakukan audit khusus sehingga bisa diketahui siapa saja yang terlibat penyelewengan dana IJP di PT Jamkrida. Padahal, IJP itu sebenarnya tak perlu dipakai sampai begitu besar jika manajemen PT Jamkrida bekerja dengan baik.

"Idealnya perusahaan dengan pola kerja seperti ansuransi juga tak terlalu berat sehingga IJP digunakan tak lebih dari 15-20 persen saja. Kalau semua obyek penjamin minta klaim ya pasti habis dana perusahaan. Harusnya dilakukan analisa yang tepat sebelum memberikan penjaminan,” tegas politisi yang berpengalaman di dunia koperasi dan simpan pinjam ini.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)