logo rilis

Awas Formalin, Ini Tips Cara Memilih Makanan Buka Puasa
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
28 Mei 2018, 18:31 WIB
Awas Formalin, Ini Tips Cara Memilih Makanan Buka Puasa
Buka puasa bersama Agrokimia. FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin.

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago, menceritakan pengalamannya saat melakukan inspeksi mendadak di salah satu pasar di Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam sidak itu, kata Irma, dia menemukan banyak makanan yang berbahaya, di antaranya mie basah dan tahu yang mengandung formalin. 

"Tolong dihati-hati kalau mau beli untuk buka puasa," kata dia saat acara buka bersama Agrokimia dan rilis.id di Hotel Puri Denpasar, Jakarta, Senin (28/5/2018). 

"Kemaren saya sidak di Sumatera Selatan ternyata ada cendol ijo mengandung boraks. Yang hampir 80 persen mengandung formalin itu mie basah sama tahu. Sama apem, nah ternyata itu mengandung rodamim," tambah Irma 

Politisi Partai NasDem itu kemudian memberikan tips cara memilih tahu yang tidak berformalin. Menurutnya, dirinya bisa membedakan antara tahu yang berformalin dan tidak setelah melakukan sidak di Palembang tersebut. 

"Kalau kita mau milih tahu yang tidak berformalin dan boraks, itu tahunya tidak kenyal, kalau ditusuk enggak pecah ya berarti berformalin, kalau ditarik enggak putus berarti dia berformalin," ujar Irma.

Irma menilai, kasus yang ada di salah satu pasar di Palembang itu juga ada di daerah-daerah lainnya, termasuk Jakarta. Anehnya, lanjut dia, masyarakat tidak paham terhadap formalin itu sendiri. 

"Waktu kita sidak, itu kan kita tanya, ibu bagaimana caranya, beli di toko, katanya, dia bilangnya beli bubuk tahan basi. Jadi mereka tidak tahu. Masyarakat kita ini banyak yang tidak tahu. Jadi sosialisasi kita kurang massif soal ini," pungkasnya.

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)